DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Pengelolaan Keuangan Di Desa Awang Bangkal Barat Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar
PENGARANG:ADI MARTA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-24


Adi Marta (2020). Analisis Pengelolaan Keuangan di Desa Awang Bangkal Barat Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar Kabupaten Banjar. Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing : Dr. Wahyudin Nor, SE. M,Si. Ak. CA.

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis pengelolaan keuangan di Desa Awang Bangkal Barat pada setiap tahapan pengelolaannya yang terdiri dari Perencanaan, Pelaksanaan, Penatausahaan, Pelaporan, dan Pertanggungjawaban.

Metode Penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Teknik yang digunakan yaitu dokumentasi dan wawancara dengan pihak-pihak yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan desa. Hasil deskripsi didapat melalui analisa penerapan asas-asas pengelolaan keuangan yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Awang Bangkal Barat pada tiap tahapan pengelolaan keuangannya.

 

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengelolaan keuangan di Desa Awang Bangkal Barat telah dilaksanakan dengan baik, terlihat dari penerapan asas-asas keuangan pada tiap tahapan pengelolaan keuangannya. Namun masih ada beberapa kekurangan dalam penerapan asas tertib dan disiplin anggaran pada tahap perencanaan yaitu keterlambatan penetapan RKPDesa dan APBDesa. Kekurangan pada tahap penatausahaan yaitu pelaporan yang dilakukan tiga (3) bulan sekali yang seharusnya dilakukan setiap satu (1) bulan sekali. Kekurangan penerapan asas akuntabilitas pada tahap pelaksanaan yaitu pembangunan dilaksanakan tidak sesuai dengan spesifikasi yang telah dianggarkan, dan juga kekurangan dalam penerapan asas transparansi pada tahap perencanaan yaitu kesalahan penempatan papan informasi APBDesa membuatnya tidak terlihat jelas. Kekurangan penerapan asas transparansi pada tahap pelaporan yaitu Pemerintah Desa belum menyediakan media yang berisi informasi mengenai Laporan Realisasi APBDesa bagi masyarakat. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI