DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Efektivitas Metode Finger Painting dalam meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Anak Tunagrahita Sedang Kelas II Di SLB Negeri Marabahan
PENGARANG:KHAIRUNNISA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-25


ABSTRAK

 

Khairunnisa, 1610127720037. 2020. Efektivitas Metode Finger Painting dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Anak Tunagrahita Sedang Kelas II di SLB Negeri Marabahan. Skripsi Program S-1 Pendidikan Khusus. Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing I: H. Fauzul Adhim, M.Pd. dan Pembimbing II: Dewi Ekasari Kusumastuti,M.Pd.

Kata Kunci: Anak Tunagrahita Sedang, Kemampuan Mengenal Warna, Metode

Finger Painting.

 

Hambatan intelektual yang terjadi pada anak tunagrahita sedang berdampak pada kemampuan anak tunagrahita sedang dalam melakukan aktivitasnya sehari-hari. Salah satu permasalahan yang terjadi akibat hambatan intelektual adalah kemampuan dalam mengenal warna primer. Hal ini membuat anak tunagrahita sedang mengalami kesulitan dalam mengenal dan menunjuk warna dengan benar secara mandirisehingga mengalami kesulitan saat menyebutkan dan menunjukkan warna yang dilihat. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode finger painting dalam meningkatkan kemampuan mengenal warna pada anak tunagrahita sedang SLB NegeriMarabahan.

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan penelitian subjek tunggal, atau biasa disebut dengan Single Subject Research (SSR). Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah A1-B-A2. Subjek dalam penelitian ini adalah anak tunagrahita sedang di Negeri Marabahan. Sistem pencatatan data menggunakan observasi langsung dan tes soal. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis visual dalam kondisi dan teknik analisis data antar kondisi.

Hasil penelitian menunjukan bahwa metode finger painting mampumeningkatkan kemampuan mengenal warna pada anak tunagrahita sedang SLB Negeri Marabahan. Peningkatan kemampuan mengenal warna pada anak tunagrahita sedang pada baseline 1 (A1) ke intervensi (B) sebesar 49%, kemudian peningkatan pada intervensi (B) ke baseline 2 (A2) sebesar 6%, total keseluruhan peningkatan kemampuan mengenal warna dengan menggunakan mtode finger painting pada anak tunagrahita sedang kelas II di SLB Negeri Marabahan kabupaten Batola adalah55%.


 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI