DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS FORMULASI STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING AIRA SASIRANGAN BANJARMASIN
PENGARANG:WIRHAN YAMIN MANURUNG
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-25


 

ABSTRAK

 

Wirhan Yamin Manurung, (2020) Analisis Formulasi Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Daya Saing Aira Sasirangan Banjarmasin. Pembimbing: M. Yudy Rachman.

 

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui faktor-faktor lingkungan eksternal (pembeli, pemasok, pemerintah, teknologi, mitra bisnis, pesaing) yang masuk dalam formulasi strategi pada Aira Sasirangan Banjarmasin, 2) Untuk mengetahui faktor-faktor lingkungan internal (produk, bahan baku, sumber daya manusia, manajemen operasi, permodalan/keuangan, pemasaran, perilaku organisasi) yang masuk dalam formulasi strategi pada Aira Sasirangan Banjarmasin.

 

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.  Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan analisis SWOT melalui metode Matrik IFAS dan Matrik EFAS.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Faktor-faktor eksternal yang berpengaruh terhadap pengambilan keputusan oleh Aira Sasirangan Banjarmasin pasar, supplier, kompetitor dan pemerintah.Faktor-faktor internal yang berpengaruh terhadap pengambilan keputusan strategi Aira Sasirangandalam meningkatkan daya saing adalah bahan baku, sumber daya manusia, kegiatan operasional, permodalan dan pemasaran.Faktor-faktor lingkungan eksternal dan internal strategis yang dominan berpengaruh terhadap pengambilan keputusan strategi oleh Aira Sasirangan Banjarmasin adalah bahan baku, permodalan, pemasaran dan kompetitor, 2) Alternatif strategi yang dapat ditawarkan adalah strategi peningkatan inovasi produk dengan tetap mempertahankan kualitas produk dengan menjalin kerjasama antar pengusaha kain sasirangan Aira SasiranganBanjarmasin adalah dengan melaksanakan kegiatan pelatihan bersama. Selain itu alternatif strategi lainnya dengan melakukan kegiatan promosi bersama untuk mengurangi tingkat persaingan terutama dari segi persaingan harga.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI