DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Break Even Point Sebagai Alat Perencanaan Laba pada Alexa ?Bakery Handil Bakti
PENGARANG:NUR QAMARINA MAULIDINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-25


ABSTRAK

 

Nur Qamarina Maulidina (2020). Analisis Break Even Poin Sebagai Alat Perencanaan Laba Pada Alexa Bakery Handil Bakti. Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing : Dra. Hj. Isnawati, MM, Ak, CA.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana analisa dan perhitungan break even point dalam menentukan perencanaan laba alexa bakery handil bakti. Batasan masalah pada penelitian ini hanya pada november dan desember 2019 karena pada november 2019 terjadi penjualan tetap dan pada desember 2019 terjadi kenaikan penjualan.

Metode penelitian ini yaitu deskriftif kuantitatif dengan pendekatan studi kasus, penelitian ini menggunakan data sekunder yaitu data produksi, penjualan dan biaya-biaya yang dikeluarkan alexa bakery handil bakti. Langkah yang dilakukan dalam analisis data pada penelitian ini adalah dengan mengelompokkan biaya-biaya ke dalam biaya tetap dan biaya variabel. selanjutnya menghitung break even point dalam unit dan rupiah, margin of safety dan target laba pada november dan desember2019.

Hasil penelitian ini adalah pada november 2019 break even point pada penjualan roti sebesar Rp 16.369.624 atau 2.177 unit dan desember 2019 break even point pada penjualan roti sebesar Rp 24.718.408 atau 3.470 unit. Jadi, penjualan roti pada alexa bakery handil bakti sudah sangat baik karena pada november dan desember sudah menjual produk diatas titik impas (BEP). Presentase batas aman (margin of safety) pada november dan desember 2019 alexa bakery handil bakti cukup tinggi yaitu november 90% dan desember 88% yang berarti bahwa kedepannya alexa bakery handil bakti kemungkinan untuk mengalami kerugian tergolong rendah. Target laba pada november dan desember 2019 tidak mencapai laba yang direncanakan alexa bakery handil bakti. Sehingga alexa bakery handil bakti harus meningkatkan penjualan dan perluasan pemasaran serta penjualan ke beberapa daerahlain.

 

Kata kunci : Break Even Point, Margin of Safety, Perencanaan Laba

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI