DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA SD PADA TEMA 8 DAERAH TEMPAT TINGGALKU MENGGUNAKAN KOMBINASI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING, MODEL MIND MAPPING DAN TALKING STICK
PENGARANG:DELA ANGGREINI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-26


Anggreini, Dela. 2020. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SD pada Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku MenggunakanKombinasi Pendekatan Contextual Teaching And Learning, Model Mind Mapping dan Talking Stick. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing AP. Putra.

 

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas siswa, hasil belajar serta mengetahui aktivitas guru di SDN Berangas Barat 2 menggunakan kombinasi pendekatan pembelajaran Contextual Teaching And Learning, model Mind Mapping dan Talking Stick. Jenis penelitian yang digunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 Siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Jenis data adalah kualitatif dan kuantitatif. Aktivitas siswa pertemuan 1 Siklus I presentase klasikal 25% dengan kriteria kurang aktif, pertemuan 2 Siklus I presentase klasikal 65, 21% dengan kriteria aktif, pertemuan 3 Siklus II presentase klasikal 85,71% dengan kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa siklus I mencapai 13%, siklus II mencapai 81%. Aktivitas guru pertemuan 1 siklus I skor 13 dengan kriteria cukup baik, pertemuan 2 Siklus I skor 18 dengan kriteria baik, pertemuan 3 Siklus II skor 22 dengan kriteria sangat baik.

 

Kata Kunci    : Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa, Bahasa Indonesia, Contextual Teaching Learning, Mind Mapping dan Talking Stick.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI