DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN IPA MATERI PENGARUH KALOR TERHADAP PERUBAHAN SUHU DAN WUJUD BENDA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL INKUIRI TERBIMBING, TEAM ASSISTED INDIVIDUALLY (TAI) DAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS V SDN BARAMBAI 1 BARITO KUALA
PENGARANG:NOOR HAYATUN RAHMI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-26


Rahmi, Noor Hayatun. 2020. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Muatan IPA Materi Pengaruh Kalor Terhadap Perubahan Suhu dan Wujud Benda Menggunakan Kombinasi Model Inkuiri Terbimbing, Team Assisted Individually (TAI) dan Teams Games Tournament (TGT) Pada Siswa Kelas V SDN Barambai 1 Barito Kuala. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lmbung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Muhsinah Annisa, S. Si., M. Pd.

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Inkuiri Terbimbing, Team Assisted Individually (TAI) , Teams Games Tournament (TGT).

Permasalahan dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran masih minim menggunakan model yang bervariasi dalam pembelajaran, pembelajaran yang kurang melibatkan siswa secara aktif akibatnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Barambai 1 Barito Kuala muatan IPA materi pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda menjadi rendah. Salah satu upaya meningkatkan aktivitas belajar yaitu menggunakan kombinasi model Inkuiri Terbimbing, Team Assisted Individually (TAI) dan Teams Games Tournament (TGT). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa dan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V semester genap SDN Barambai 1 Barito Kuala tahun 2019/2020, jumlah siswa sebanyak 24 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan dengan menggunakan kombinasi model Inkuiri Terbimbing, Team Assisted Individually (TAI) dan Teams Games Tournament (TGT),padaaktivitas guru telah mencapai indikator keberhasilan dengan kategori sangat baik dan pada aktivitas siswa dinyatakan berhasil mencapai kreteria sangat aktif. Sedangkan pada hasil belajar sudah berhasil mencapai indikator ketuntasan.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Inkuiri Terbimbing, Team Assisted Individually (TAI) dan Teams Games Tornament (TGT) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa sehingga hipotesis dapat diterima. disarankan model tersebut dijadikan salah satu alternati dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada penngkatan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI