DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH SENAM BABY SHARK TERHADAP MOTORIK KASAR ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SLB NEGERI BALANGAN
PENGARANG:ERMAYASARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-26


 

ABSTRAK

ERMAYASARI 2020. Pengaruh Senam Baby Shark Terhadap Mororik Kasar Anak

Tunagrahita Ringan.Skripsi. FKIP Unlam Banjarmasin. Program

Studi Pendidikan Luar Biasa. Pembimbing : I.  Dr. Ali Rachman,

M.Pd, Pembimbing II.Mirnawati,M.Pd

 

Kata Kunci: Motorik Kasar Berjalan, dengan Senam Baby Shark pada anak Tunagrahita Ringan.

 

Kemampuan motorik kasar pada anak tunagrahita ringan memang sangat diperlukan dalam hal kemampuan berjalannya karena anak tunagrahita perlu koordinasi yang baik antara otak dan kaki dalam menyeimbangkan badandan  kekuatan kaki pada saat melakukan aktivitas berjalan. Seperti anak yang ada di SLB Negeri Balangan ini.Hal ini mendorong peneliti untuk mencoba menggunakan senam Baby Sharkdalam kegiatan sekolah pada anak agar anak lebih sering melakukan gerak atau aktivitas berjalannya.Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh gerak senam baby shark terhadap motorik kasar anak tunagrahita ringan

Pelaksanaan penelitian ini merupakan penelitian dengan subjek tunggal atau disebut juga single Subjek Research (SSR) dengan desain A-B yang dilaksanakan dalam 13 sesi atau 13 kali pertemuan, yang terdiri dari 5 sesi pada pelaksanaan baseline (A) dan 8 sesi untuk pelaksanaan intervensi (B). Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Analisis data berupa grafik-grafik serta table yang merupakan hasil dari proses pengambilan data sebanyak 13 sesi.

Hasil penelitian menunjukkan kemampuan motorik kasar anak ada perubahan yang membawa pengaruh baik. Data poin tertinggi pada kondisi baseline (A) Anak mulai mau mengikuti gerakan senam meskipun masih dibantu dengan nilai 50 , dengan mean level 25%. Data point tertinggi pada kondisi intervensi (B) Anak menggerakkan tubuhnya mengikuti irama musik dengan santai dan tidak kaku  dengan nilai 100, denganmean level 62,5%. Ini membuktikan bahwa ada pengaruh baik  terhadap motorik kasar anak tunagrahita ringan melalui kegiatan senam Baby Shark di SLB Negeri Balangan.Saran yang diberikan terhadap orang tua,agar anak selalu rajin kesekolah, khususnya dalam hal motorik kasar anak agar anak lebihaktif bergerak dalam melakukan kegiatan sehari-hari, dan diharapkan dirumah juga aktif memutarkan senam Baby Shark ini supaya anak tidak lupa akan pelajaran yang sama dengan yang diperolehnya disekolah, sehingga pergerakan motorik kasar anak semakin baik, ini juga sebagai langkah intervensi awal untuk meningkatkan motorik kasar pada anak.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI