DIGITAL LIBRARY



JUDUL:TEKNIK KOMUNIKASI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI SISWA TUNAGRAHITA SMALB YPLB BANJARMASIN
PENGARANG:HANA MAULIDA WIJAYANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-26


ABSTRAK

Hana MaulidaWijayanti, D1C115056, 2020. Teknik Komunikasi Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Siswa Tunagrahita SMALB YPLB Banjarmasin. Dibawah bimbingan Bachruddin Ali Akhmad dan Novaria Maulina.

            Anak-anak tungarahita memiliki intelektual dibawah rata-rata. Hal ini membuat mereka terkendala dalam hal sosial termasuk berkomunikasi. Ketika berada dilingkungan sekolah para guru mempunyai peran penting dalam membantu meningkatkan kemampuan berkomunikasi mereka.Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui Teknik Komunikasi Guru dalam meningkatkan kemampuan berkomunikasi siswa tunagrahita SMALB YPLB Banjarmasin.

            Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dengan menggunakan teknik analisa data kualitatif model Miles & Huberman, dan Teknik validitas data mengunakan triangulasi metode dan sumber.

            Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa Teknik Komunikasi yang digunakan guru pengajar SMALB YPLB Banjarmasin adalah Teknik Komunikasi Informatif, Teknik Komunikasi Persuasif, Teknik Komunikasi Pervasif dan Teknik Komunikasi Hubungan Manusia dalam membantu meningkatkan kemampuan berkomunikasi siswa tunagrahita.

Kata Kunci : Teknik Komunikasi, Tunagrahita, Kemampuan Komunikasi

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI