DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERBANDINGAN KAPAL PUKAT CINCIN (PURSE SEINE) DAN KAPAL JARING INSANG HANYUT (DRIFT GILL NET) DI KABUPATEN TANAH BUMBU
PENGARANG:AHMAD NAJMUDDIN PANGKU FADHANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-26


ABSTRAK

Ahmad Najmuddin Pangku Fadhani Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan. Perbandingan Kapal Pukat Cincin (Purse Seine) dan Kapal jaring Insang Hanyut (Drift Gill Net) di Kabupaten Tanah Bumbu(Studi Kasus Kapal Pukat Cincin (Purse Seine) dan Kapal jaring Insang Hanyut (Drift Gill Net)). Di bawah bimbingan Rusmilyansari sebagai ketua dan Aulia Azhar Wahabsebagai anggota pembimbing.

 

Purse seine merupakan alat tangkap aktif karena dalam operasi penangkapan kapal melakukan pelingkaran jaring pada target penangkapan, saat melingkari target kapal harus memiliki kecepatan dan stabilitas yang baik. Kapal drift gill net bersifat pasif, artinya alat tangkap dioperasikan mengikuti arah arus namun berlawanan dengan arah datangnya ikan. Saat menunggu hauling pengaruh faktor eksternal seperti angin dan gelombang sangat besar, sehingga diperlukan kapal yang di desain khusus untuk dapat stabil. Penelitian bertujuan untuk membuat perbandingan  rancangan umum , rencana garis, nilai GT kapal, parameter hidrostatis, dan parameter stabilitas kapal purse seine dan kapal drift gill net di Kabupaten Tanah Bumbu. Metode penelitian dilakukan dengan studi kasus dengan melakukan pengukuran geometri kapal, pengamatan dan wawancara. Hasil penelitian yaitu Kapal Purse Seine memilikidua tingkat bangunan, sedangkan kapal gill net hanya memiliki satu tingkat bangunan. Pada rencana garis kapal purse seine memiliki bentukhaluan V-bottom, pada bagian tengah kapal memiliki lambung berbentuk U-bottom, sedangkan kapal gill net memiliki bentuk V-bottom  pada bagian haluan dan memiliki bentuk Round-bottom pada bagian tengah kapal. Pada perhitungan GT kapal, purse seineberukuran 24,92 GT, sedangkan kapal gill net yang diteliti berukuran 16,33 GT. Berdasarkan nilai-nilai dari parameter hidrostatik,  kapal purse seine memiliki bentuk yang besar dan memanjangsedangkan dari nilai parameter kapal gill netdiketahui kapal memilikibentuk lebih kecil danmelebarhal ini dikarenakan perbedaan ukuran pada kapal purse seine dan kapal gill net.Parameter stabilitas kapal drift gill net dan kapal purse seine dapatdikatakankedua kapalmemilikinilaiGMtpositif,sehinggastabilitaskapalpositif.

Kata Kunci : kapal Purse Seine, Kapal Drift Gill Net, Tanah Bumbu, Perbandingan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI