DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGGOSOK GIGI MENGGUNAKAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS 2 DI SLBN BALANGAN
PENGARANG:RAHMADIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-27


 

ABSTRAK

Rahmadiah, 2020.Meningkatkan Keterampilan Menggosok Gigi                   Menggunakan Video Pembelajaran pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas 2 di SLBN Balangan.Skripsi, Program Studi Pendidikan Khusus .Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing I :Eviani Damastuti, M.Pd, Pembimbing II : Machmud Fauzi,M.Pd.

 

Kata Kunci: Video, Menggosok Gigi, Anak Tunagrahita Ringan

                        Permasalahan dalam penelitian ini adalah tentang anak tunagrahita yang mengalami kesulitan dalam menggosok gigi. Peneliti menemukan bahwa anak tunagrahita tersebut mengalami kesultan dan belum mampu untuk memahami cara menggosok gigi yang benar, bagian gigi mana saja yang harus di bersihkan, sehingga seringkali kurang bersih dalam menyikat giginya. Tujuan penelitian ini adalah  untuk meningkatkan kemampuan menggososk gigi menggunakan video pembelajaran pada anak tunagrahita ringan kelas 2 di SLBN Balangan.

          Metode penelitan ini adalah metode eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitan ini adalah metode quasi experimental design dengan desain time series design, dimana data yang didapat berupa angka yang akan dianalisis dengan analisis deskrisptif kuantitatif.terdapat 2 orang subjek yaitu satu anak laki-laki dengan inisial (MRR) dan satunya lagi anak laki-laki dengan ini sial (SS), yang dimana mereka memiliki hambatan tunagrahita ringan dan masih duduk di kelas 2 SLB Negeri Balangan.

          Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis diskriptif kuantitatif.Adapun nilai Post-test anak setelah diberikan perlakuan dengan media video menggosok gigi mengalami peningkatan yaitu CR mencapai 86,6% dan LK mencapai 80%. Jadi hasil penelitian tersebut dapat dijelaskan bahwa media video menggosok gigi dapat meningkatkan kemampuan menggosok gigi pada anak tunagrahita ringan di SLBN Balangan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI