DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTITIFITAS MEDIA TANGGA BILANGAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS 1 DI SDN SUNGAI DUA LAUT
PENGARANG:RAUDANIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-27


Raudaniah, 1610127720068, 2020 Efektifitas Media Tangga Bilangan dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas 1 di SDN Sungai Dua Laut. Skripsi Program S-1 Pendidikan Khusus. Jurusan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing I: Dr. H. Amka, M.Si. Pembimbing II: Jiyanta, M.Pd.

Kemampuan berhitung  merupakan hal yang utama dalam proses pembelajaran dan suatu hal yang berguna untuk kehidupan sehari-hari anak tunagrahita ringan. Sesuai dengan permasalahan yang telah dikemukakan diatas maka, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan media tangga bilangan dalam meningkatkan kemampuan berhitung pada anak tunagrahita ringan kelas I di SDN Sungai Dua Laut Kecamatan Sungai Loban Kabupaten Tanah Bumbu dalam penggunaan media tangga bilangan.

            Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen dengan penelitian subjek tunggal, atau lebih dikenal dengan istilah Single Subject Research (SSR). Desain yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan desain A-B-A. Subjek dalam penelitian ini merupakan anak tunagrahita ringan kelas I di SDN Sungai Dua Laut yang berinisial Z. Sistem pengumpulan data menggunakan observasi langsung dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis dalam kondisi dan antar kondisi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa media tangga bilangan efektif dalam meningkatkan kemampuan berhitung mengenal dan membilang angka serta penjumlahan dan pengurangan bilangan 1-10 Anak Tunagrahita Ringan. Hal ini dibuktikan dari hasil yang dicapai pada tes baseline 1 (A-1) yaitu: A1= 20,0%, A1= 26,6%, A1= 20,0%, A1= 20,0%, hasil yang diperoleh dikatakan stabil karena cenderung menetap. Hasil yang dicapai subjek saat tes intervensi (B) yaitu: B1= 33,3%. B1= 46,6%, B1= 40,0%, B1= 53,3%, B1= 60,0%, B1= 73,3%, sedangkan hasil yang diperoleh saat sesi tes baseline 2 (A-2) yaitu: A2= 80,0%, A2= 80,0%, A2= 86,6%, A2= 86,6%. Efektifitas tersebut didukung oleh persentase overlap yang rendah yaitu 0%, perubahan level yang terjadi pada perbandingan kondisi intervensi  dengan baseline 2 (A2/B) untuk kemampuan berhitung yaitu (+6,7).

Kata Kunci: Media Tangga Bilangan, Kemampuan Berhitung, Tunagrahita Ringan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI