DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MODUL BANGUN RUANG SISI DATAR BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
PENGARANG:KAMILAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-27


Matematika adalah ilmu dasar untuk menumbuhkembangkan cara berpikir yang logis, sistematis, dan kritis. Matematika yang diajarkan dan matematika yang ditemukan siswa dalam kehidupan sehari-hari sangat berbeda dan minimnya penggunaan bahan ajar matematika yang berkaitan dengan budaya yang dikenal dengan etnomatematika, sehingga dengan inovasi baru pada pembelajaran dapat menjembatani antara matematika dalam kehidupan sehari – hari yang berbasis budaya lokal dengan matematika sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan tingkat validnya modul bangun ruang sisi datar berbasis etnomatematika untuk pembelajaran matematika siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Metode penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D) dengan model Plomp yang terdiri dari tahap investigasi awal, tahap desain, tahap realisasi/konstruksi, serta tahap tes, evaluasi, dan revisi. Uji kelayakan berdasarkan penilaian oleh 3 validator ahli memperoleh bahwa modul berbasis etnomatematika menghasilkan kategori valid dengan skor rata-rata yaitu 3,28. Dengan demikian, modul bangun ruang sisi datar berbasis etnomatematika untuk pembelajaran matematika siswa kelas VIII sekolah  menengah pertama menghasilkan kategori valid.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI