DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH RETURN ON ASSET (ROA), RETURN ON EQUITY (ROE), DAN EARNING PER SHARE (EPS) TERHADAP HARGA SAHAM (Studi Pada Perusahaan Bank BUMN Yang Listed Di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2018)
PENGARANG:INDAH PERMATASARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-27


ABSTRAK

 

Indah Permata Sari, D1A215011, 2020, Pengaruh Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE) dan Earning Per Share (EPS) Terhadap Harga Saham (studi pada Perusahaan Bank BUMN yang Listed di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2018).

 

Harga Saham merupakan salah satu faktor yang sangat penting dan harus diperhatikan oleh investor dalam melakukan investasi karena harga saham menujukkanprestasiemiten. Hargasahamjugamenujukkannilaisuatuperusahaan dan merupakan indeks yang tepat untuk efektivitas perusahaan. Dengan semakin tinggi harga saham, maka semakin tinggi pula nilai perusahaan Harga saham yang teralurendahseringdiartikanbahwakinerjaperusahaankurangbaik,bagisebagian besar investor. Harga saham pada 5 tahun terakhir mengalami penurunan dan kenaikan pada bank BUMN. Maka dari itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahuifaktorapasajayangmempengaruhiperubahanhargasahamperbankan BUMN. Dalam penelitian ini menggunakan 4 faktor sebagai variabel independen yaitu Return On Asset (X1), Return On Equity (X2) dan Earning Per Share(X3).

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Return On Asset (X1), Return On Equity (X2) dan Earning Per Share (X3) Terhadap Harga Saham (Y) Studi pada Perusahaan Bank BUMN Yang Listed di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2018.

 

Objek penelitian ini adalah perusahaan perbankan BUMN yang terdiri dari PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk, PT. Bank Tabungan Negara Tbk , PT. Bank Negara Indonesia Tbk, dan PT. Bank Mandiri Tbk. . Populasi yang digunakan adalah seluruh laporan keuangan perusahaan perbankan BUMN yang terdaftar di BEI dan seluruh data BI Rate. Sampel yang digunakan yaitu Return On Assets (ROA), Return On Equity (ROE), Earning Per Share (EPS) dan Harga Saham dari tahun 2014-2018. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Berganda.

 

Hasil Penelitian membuktikan secara parsial Return On Asset (ROA) tidak berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham dengan sig 0,163 > 0,05, maka kesimpulannya H1 ditolak dan H0 diterima. Return On Equity (ROE) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Harga Saham dengan sig 0,023 < 0,05, maka kesimpulannya H2 diterima H0 ditolak. Earning Per Share (EPS) berpengarih positif dan signifikan terhadap Harga Saham dengan sig 0,000 < 0,05, maka kesimpulannya H3 diterima H0 ditolak.

 

Kata kunci: Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE), Earning Per Share (EPS) dan Harga Saham

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI