DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Meningkatkan Aktivitas Belajar Perkembangan Menggunting Menggunakan Kombinasi Model Explicit Intruction dan Model Course Review Horay (CRH) dengan Berbagai Media Kertas Pada Kelompok B TK Pertiwi DWP Kota Banjarmasin
PENGARANG:NUR PAMUJI RAHAYU
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-27


 Rahayu, Nurpamuji . 2020. “Meningkatkan Aktivitas Belajar Perkembangan Menggunting Menggunakan Kombinasi Model Explicit Intruction dan Model Course Review Horay (CRH) dengan Berbagai Media Kertas Pada Kelompok B TK Pertiwi DWP Kota Banjarmasin”. Pembimbing Dr. Ali Rachman, M.Pd.

Kata Kunci :Menggunting, Model Explicit Intruction, Model Course Review Horay (CRH), Berbagai Media Kertas

Penelitian ini berlatar belakang pada rendahnya kemampuan fisik motorik khususnya dalam menggunting, penyebabnya yaitu kurangnya keterlibatan anak dalam kegiatan yang mengembangkan kemampuan motorik halusnya, kurangnya keaktifan anak dalam pembelajaran dalam mengembangkan kemampuan motorik halus anak yang diakibatkan pembelajaran kurang menyenangkan dan kurangnya partisipasi orangtua dalam menstimulus anak. Apabila permasalahan ini tidak dipecahkan makan akan terhambat kemampuan anak dalam kemampuan fisik motoriknya. Tujuan peneliatian ini adalah untuk mengetahui aktitivas guru, aktivitas anak dan capaian perkembangan anak dalam aspek motorik halus.

Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan penelitian kualitatif yang dirancang dengan 4 siklus dalam jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Pertiwi DWP Kota Banjarmasin yang berjumlah 15 orang anak. Jenis data yang menggunakan jenis data kualitatif dan kuantitatif. Cara pengambilan data menggunakan kualitatif dan kuantitatif. Analisis data secara kualitatif aktivitas guru mencapai ≥ 27 dengan kategori “sangat baik”, aktivitas anak ≥ 25 dengan kategori sangat baik, dan hasil pengembangan anak minimal mendapat (bintang empat) dengan kategori berkembang sesuai harapan (BSH).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada setiap siklus mengalami  peningkatan, pada siklus II dengan hasil sangat aktif, aktivitas guru mengalami peningkatan dalam 4 siklus dengan kriteria sangat baik, dan hasil capaian perkembangan kemampuan anak mengalami peningkatan pada siklus ketiga dengan kategori Berkembang Sangat Baik (BSB), yang mana sesuai dengan hasil hipotesis. 

Berdasarkan hasil temuan dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan kombinasi model Explicit Intruction, model Course Review Horay (CRH), berbagai media kertas dapat meningkatkan hasil aktivitas guru, aktivitas anak dan capaian perkembangan anak pada setiap siklus. Dengan penelitian ini pula, hendaknya guru lebih terampil dalam menggunakan model-model dan media pembelajaran yang variatif, sehingga anak dapat termotivasi dalam kegiatan belajar secara keseluruhan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI