DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN IPA MATERI MACAM-MACAM GAYA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION, NUMBERED HEADS TOGETHER, DAN COURSE REVIEW HORAY PADA KELAS IV SDN BARAMBAI 1 BARITO KUALA | |
PENGARANG | : | LAILA AGUSTINA | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2020-08-27 |
ABSTRAK
Agustina, Laila. 2020. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Muatan IPA Materi
Macam-macam Gaya Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran
Group Investigation, Numbered Heads Together, Dan Course Review
Horay Pada Kelas IV SDN Barambai 1 Barito Kuala. Skripsi Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing:
Dr. Chairil Faif Pasani, M.Si
Kata Kunci: Hasil Belajar, Macam-macam Gaya, Group Investigation, Numbered
Heads Together dan Course Review Horay.
Permasalahan dalam penelitian ini rendahnya hasil belajar siswa dalam
dimana >50% siswa mendapatkan nilai dibawah 65 (KKM) hal ini aktivitas
belajar siswa yang tidak mengarah ke proses berpikir kritis, konkret, dan ilmiah
yakni pada materi macam-macam gaya. Disebabkan proses pembelajaran yang
tidak memfasilitasi siswa untuk berpikir konkret, tidak mendorong siswa untuk
aktif, serta tidak mendorong siswa berpikir kritis dan ilmiah. Diperbaiki dengan
menggunakan model Group Investigation dikombinasikan dengan Numbered
Heads Together dan Course Review Horay karena diyakini dapat memfasilitasi
siswa berpikir konkret, mendorong siswa aktif dalam belajar, serta mendorong
siswa berpikir kritis dan ilmiah dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar
siswa.
Metodologi penelitian dengan menggunakan penelitian tindakan kelas
(PTK). Setting penelitian yakni siswa kelas IV semester genap tahun ajaran
2019/2020 di SDN Barambai 1 Barito Kuala dengan jumlah siswa 20 orang yang
terdiri dari 7 laki-laki dan 13 perempuan. Instrumen data yang digunakan yaitu
berupa pengamatan aktivitas guru dan siswa serta butir-butir soal untuk evaluasi
hasil belajar siswa. Cara pengumpulan data melalui observasi selama proses
pembelajaran dan teknik analisis datanya berupa distribusi, frekuensi, persentase
dan deskripsi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru dalam melaksanakan
pembelajaran berhasil terlaksana dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa
secara klasikal dalam mengikuti pembelajaran berhasil mencapai kriteria sangat
aktif. Sedangkan hasil belajar siswa secara klasikal berhasil mencapai indikator
keberhasilan yang ditentukan yakni ≥80% siswa mendapatkan nilai ≥65.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Group
Investigation dikombinasikan dengan Numbered Heads Together dan Course
Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan hipotesis diterima.
Disarankan agar penelitian ini dapat menjadi referensi bagi peneliti selanjutnya.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI