DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN IPA MATERI MACAM-MACAM GAYA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION, NUMBERED HEADS TOGETHER, DAN COURSE REVIEW HORAY PADA KELAS IV SDN BARAMBAI 1 BARITO KUALA
PENGARANG:LAILA AGUSTINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-27


ABSTRAK

Agustina, Laila. 2020. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Muatan IPA Materi 

Macam-macam Gaya Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran 

Group Investigation, Numbered Heads Together, Dan Course Review 

Horay Pada Kelas IV SDN Barambai 1 Barito Kuala. Skripsi Program 

Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu 

Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: 

Dr. Chairil Faif Pasani, M.Si

Kata Kunci: Hasil Belajar, Macam-macam Gaya, Group Investigation, Numbered 

Heads Together dan Course Review Horay.

Permasalahan dalam penelitian ini rendahnya hasil belajar siswa dalam 

dimana >50% siswa mendapatkan nilai dibawah 65 (KKM) hal ini aktivitas 

belajar siswa yang tidak mengarah ke proses berpikir kritis, konkret, dan ilmiah 

yakni pada materi macam-macam gaya. Disebabkan proses pembelajaran yang 

tidak memfasilitasi siswa untuk berpikir konkret, tidak mendorong siswa untuk 

aktif, serta tidak mendorong siswa berpikir kritis dan ilmiah. Diperbaiki dengan 

menggunakan model Group Investigation dikombinasikan dengan Numbered 

Heads Together dan Course Review Horay karena diyakini dapat memfasilitasi 

siswa berpikir konkret, mendorong siswa aktif dalam belajar, serta mendorong 

siswa berpikir kritis dan ilmiah dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar 

siswa. 

Metodologi penelitian dengan menggunakan penelitian tindakan kelas 

(PTK). Setting penelitian yakni siswa kelas IV semester genap tahun ajaran 

2019/2020 di SDN Barambai 1 Barito Kuala dengan jumlah siswa 20 orang yang

terdiri dari 7 laki-laki dan 13 perempuan. Instrumen data yang digunakan yaitu 

berupa pengamatan aktivitas guru dan siswa serta butir-butir soal untuk evaluasi 

hasil belajar siswa. Cara pengumpulan data melalui observasi selama proses 

pembelajaran dan teknik analisis datanya berupa distribusi, frekuensi, persentase 

dan deskripsi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru dalam melaksanakan 

pembelajaran berhasil terlaksana dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa 

secara klasikal dalam mengikuti pembelajaran berhasil mencapai kriteria sangat 

aktif. Sedangkan hasil belajar siswa secara klasikal berhasil mencapai indikator 

keberhasilan yang ditentukan yakni ≥80% siswa mendapatkan nilai ≥65.

Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Group 

Investigation dikombinasikan dengan Numbered Heads Together dan Course 

Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan hipotesis diterima.

Disarankan agar penelitian ini dapat menjadi referensi bagi peneliti selanjutnya.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI