DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN IPA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL INKUIRI TERBIMBING, TWO STAY TWO STRAY DAN NUMBERED HEAD TOGETHERS DI KELAS IV SDN TAMBALANGAN AMUNTAI
PENGARANG:A.RIZAL SETIAWAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-27


ABSTRAK

Setiawan, Rizal A. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Konsep Sumber

Energi Panas dan Perubahan Energi Pada Tema 9 Kayanya Negeriku menggunakan Kombinasi Model Inkuiri Terbimbing Two Stay Two Stray (TSTS) dan Numbered Head Togethers (NHT) SDN Tambalangan Amuntai. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Suhaimi M.Pd.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Kombinasi Model Inkuiri Terbimbing Two Stay Two

         Stray (TSTS) dan Numbered Head Togethers

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya berfikir siswa dalam memecahkan masalah sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN Tambalangan Amuntai. Hal ini disebabkan pembelajaran yang dilaksanakan tidak menggunakan model-model pembelajaran, pada proses belajar anak tidak mengacu pada pembelajaran aktif yang berpikir kritis. Salah satu upaya meningkatkan Hasil belajar yaitu menggunakan kombinasi Model Inkuiri Terbimbing Two Stay Two Stray (TSTS) dan Numbered Head Togethers. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan pada empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV semester genap SDN Tambalangan Amuntai tahun pelajaran 2019/2020. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data menggunakan deskriptif analisis dengan cross tabulasi menggunakan presentasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 dan 2 mencapai kriteria baik, pertemuan 3 dan 4 mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 dan 2 mencapai kriteria aktif, pertemuan 3 dan 4 mencapai kriteria sangat aktif. Pada pertemuan 1 ketuntasan klasikal hasil belajar siswa 30%. Pada pertemuan 2 ketuntasan klasikal hasil belajar siswa 40%. Pada pertemuan 3 ketuntasan klasikal hasil belajar siswa 73%. Pada pertemuan 4 ketuntasan klasikal hasil belajar siswa 91%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa Kombinasi Model Inkuiri Terbimbing Two Stay Two Stray (TSTS) dan Numbered Head Togethers dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 9 Kayanya Negeriku materi Sumber energi panas dan perubahan energi kelas IV SDN Tambalangan Amuntai dan hipotesis dapat diterima.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI