DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI GERAK DAN GAYA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING, TWO STAY TWO STRAY, DAN COURSE RIVIEW HORAY DI KELAS IV SDN TELUK TIRAM 2 BANJARMASIN
PENGARANG:NOOR AULIYA MAHRITA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-27


Mahrita, Noor Auliya. 2020. “Meningkatkan Hasil Belajar Materi Gerak dan Gaya Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning, Two-Stay Two-Stray, Course Review Horay di Kelas IV SDN Teluk Tiram 2 Banjarmasin”. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing Dr. H. Muhammad Saleh, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, Contextual Teaching and Learning, Two-Stay Two-Stray, dan Course Review Horay. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal tersebut disebabkan oleh pembelajaran kurang bermakna, pembelajaran tidak menerapkan model-model pembelajaran dan selalu diajarkan dengan menyampaikan isi buku kepada peserta didik sehingga pembelajaran bersifat satu arah, tanpa ada proses ilmiah untuk menemukan konsep tersebut. Oleh karena itu, perlu diadakan perbaikan melalui kombinasi model Contextual Teaching and Learning, Two-Stay Two-Stray, dan Course Review Horay. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, dilaksanakan dalam satu siklus yang terdiri dari 2 kali pertemuan. Seting penelitian adalah siswa kelas IV SDN Teluk Tiram 2 Banjarmasin yang berjumlah 27 orang. Data kualitatif diperoleh dari hasil observasi aktivitas guru dan siswa. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil belajar siswa. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah jika aktivitas guru dengan indikator keberhasilan ?34 (sangat baik), aktivitas siswa dengan indikator keberhasilan ?82% (sangat aktif) dan ketuntasan hasil belajar individual mendapat nilai ?70 serta secara klasikal dinyatakan tuntas apabila 80% siswa mendapat nilai ?70. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I mendapat skor 27 dengan kriteria sangat. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dari kriteria aktif dengan persentase 40,7% dan menjadi sangat aktif pada pertemuan 2 dengan persentase 92,5%. Ketuntasan hasil belajar kognitif pada pertemuan 1 terdapat 51,8% dan meningkat pada pertemuan 2 menjadi 85,1%. Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Contextual Teaching and Learning, Two-Stay Two-Stray, dan Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema daerah tempat tinggalku di kelas IV SDN Teluk Tiram 2 dan hipotesis dapat diterima. Disarankan dengan penggunaan model tersebut dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa, khususnya pada pelajaran tema daerah tempat tinggalku.
Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI