DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK DALAM MENYEBUTKAN LAMBANG BILANGAN 1-20 MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL EXPLICIT INSTRUCTION, TALKING STICK DAN MEDIA PAPAN FLANEL PADA KELOMPOK B3 TK ARRAHMATUL ABADIYAH BANJARMASIN
PENGARANG:FITRIANA RAHMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-28


Rahmah, Fitriana.  2020.  “Pengembangkan Kognitif Anak  Dalam  Menyebutkan Lambang Bilangan    1-20 Menggunakan Kombinasi Model Explicit Instruction,   Talking Stick Dan Media Papan Flanel Pada Kelompok B3 TK  Arrahmatul Abadiyah Banjarmasin”. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini FKIP ULM. Dosen Pembimbing Dr. Noorhapizah, ST, M.Pd.

 

Kata Kunci : Kognitif, Menyebutkan Lambang Bilangan   , Model Explicit Instruction, Model Talking Stick dan Media Papan Flanel.

 

Penelitian ini berlatar belakang pada rendahnya kemampuan kognitif anak dalam menyebutkan Lambang Bilangan dikarenakan kurang nya kemampuan kognitif anak dalam menyebutkan lambang bilangan. Untuk mengatasi hal tersebut peneliti menggunakan kombinasi model explicit instruction, talking stick dan media papan flannel. Tujuan peneliti ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak dan capaian perkembangan kognitif anak khususnya dalam mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan.

Pendekatan penilitan ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 pertemuan. Penelitian ini dilakukan di TK  Arrahmatul Abadiyah Banjarmasin yang berjumlah 15 orang anak. Objek penelitian ini adalah pengembangan kognitif anak dalam mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan. Analisis data aktivitas guru mencapai skor ≥ 32 dengan kategori “sangat baik”, aktivitas anak mencapai skor ≥ 81 dengan kategori “sangat aktif” dan hasil pengembangan kognitif minimal mendapat

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI