DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Kualitas Pelayanan Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap di Kota Banjarmasin
PENGARANG:KANIASIH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-28


Pendaftaran tanah merupakan sesuatu yang wajib dan telah diatur dalam undang-undang. Pragram Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) merupakan program percepatan pendaftaran tanah hingga tahun 2025. dari data yang didapat pelayanan program PTSL di BPN Kota Banjarmasin berjalan cukup lambat hingga memakan waktu yang lama. tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengetahui mengapa proses pelayanan PTSL berjalan lambat. (2) mengetahui kndala dalam pelyananan program PTSL di BPN Kota Banarmasin.

Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. subjek penelitian ini menggunakan purposive sampling yaitu Kepala seksi Hubungan Hukum Pertanahan, Kepala subseksi Penetapan Hak Tanah dan Pemberdayaan Masyarakat, dan masyarakat pengguna layanan.

hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) Pelayanan Pendaftaran Tanah istematis Lengkap di BPN Kota Banjarmasin telah berjalan dengan baik mulai dari penyuluhan hingga penerbitan sertifikat. namun juka dilihat dari kepastian waktu BPN Kota Banjarmasin masih terjadi keterlambatan pelayanan yang memakan waktu hingga dua tahun. (2) Kendala yang dihadapi oleh BPN Kota Banjarmasin dalam melaksanakan pelayanan program PTSL adalah a) SDM yang masih kurang, b) adanya data yang error dan keterlambatan penyelesaian data yang disebabkan oleh SDM yang kurang dan target yang besar, c) Kurangnya kesadaran masyarakat dimana masih banyak masyarakat yang belum memahami fungsi pengunaan sertifikat secara maksimal.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI