DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Proses Pelayanan Penerbitan Sertifikat Tanah di Kantor Badan Pertanahan Nasional Kota Banjarmasin
PENGARANG:ERLI NURLIANA SARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-28


        Erli Nurliana Sari 1610411120003, 2020, Efektivitas Proses Penerbitan Sertifikat Tanah di Kantor Badan Pertanahan Nasional Kota Banjarmasin. Di bimbing oleh Muslih Amberi.

        Pendaftaran tanah adalah rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh Pemerintah secara terus menerus, berkesinambungan dan teratur, meliputi pengumpulan, pengolahan, pembukuan dan penyajian serta pemeliharaan data fisik dan yuridis, dalam bentuk peta dan daftar mengenai bidang-bidang tanah termasuk pemberian surat tanda bukti haknya. Dari data yang didapat proses pelayanan penerbitan sertifikat tanah di kantor pertanahan Kota Banjarmasin masih belum efektif sehingga proses penerbitannya memakan waktu yang cukup lama. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) untuk mengetahui efektivitas proses pelayanan penerbitan sertifikat tanah di kantor pertanahan Kota Banjarmasin. (2) untuk mengetahui hambatan-hambatan yang dihadapi dalam proses pelayanan penerbitan sertifikat tanah di Kantor pertanahan Kota Banjarmasin. 

Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian descriptif. Subjek penelitian menggunakan purposive sampling yaitu Kepala seksi Hubungan Hukum Pertanahan, Kelapa Subseksi Penetapan Hak Tanah dan Pemberdayaan Masyarakat, dan masyarakat pengguna layanan. 

Hasil dari penelitian ini adalah : (1) Pelayanan Penerbitan Sertifikat Tanah di Kantor Pertanahan Kota Banjarmasin sudah berjalan dengan baik mulai dari proses pendaftaran, pengukuran hingga penerbitan sertifikat, tetapi masih belum efektif karena masih banyak kendala-kendala yang menghambat proses pelayanan sertifikat (2) kendala dalam proses penerbitan sertifikat tanah di kantor Pertanahan Kota Banjarmasin yaitu kurangnya Sumber Daya Manusia dan kurangnya kesadaran masyarakat atas pentingnya pendaftaran tanah.

Berdasarkan dari hasil penelitian disarankan: (1)kantor Pertanahan Kota Banjarmasin hendaknya menambah SDM (2) meningkatkan kinerja menjadi lebih baik lagi. (3) agar lebih giat lagi memberikan penyuluhan tentang pentingnya pendaftaran tanah.

Kata kunci; Proses, pelayanan penerbitan sertifikat tanah.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI