DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH TUTORIAL YOUTUBE TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBUAT HANTARAN PADA ANAK TUNARUNGU KELAS X SLB NEGERI BALANGAN
PENGARANG:SRI ANISA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-28


ABSTRAK

 

Sri Anisa, 2020.   Pengaruh Tutorial Youtube Terhadap Peningkatan Keterampilan

Membuat Hantaran pada Anak Tunarungu Kelas X SLB Negeri Balangan. Skripsi. Program Studi Pendidikan Khusus. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Dosen Pembimbing (I) Eviani Damastuti, M.Pd. Dosen Pembimbing (II) Machmud Fauzi, M.Pd.

 

Kata Kunci : Tutorial Youtube, Keterampilan Hantaran, Anak Tunarungu

 

              Permasalahan di lapangan adalah anak tunarungu belum memahami langkah-langkah membuat keterampilan hantaran, untuk itulah anak tunarungu memerlukan tutorial youtube untuk meningkatkan keterampilan hantaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membuat hantaran pada anak tunarungu kelas X SLB Negeri Balangan melalui tutorial youtube.

              Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode Quasi Eksperimen Design. Desain yang digunakan adalah Time Series Design dengan teknik analisa data deskriptif kuantitatif dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa obsevrasi, tes praktik, dan dokumentasi.

            Penelitian ini dilakukan pretest sebanyak empat kali dan posttest sebanyak empat kali kepada subjek. Hasil rata-rata yang diperoleh dari nilai pretest dan posttest mengalami peningkatan, nilai rata-rata pretest 45,24 dan pada saat posttest terjadi peningkatan 89,29. Hal ini dapat dijadikan suatu alternative dalam meningkatkan keterampilan hantaran pada anak tunarungu atau anak lainnya. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa adanya peningkatan keterampilan hantaran pada anak tunarungu setelah diberikan perlakuan mengunakan tutorial youtube.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI