DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MODEL PROBLEM SOLVING BERBASIS ICARE PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT KELAS X MIPA 1 SMAN 12 BANJARMASIN TAHUN AJARAN 2019/2020 | |
PENGARANG | : | SITI ILLIYYIEN NISA | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2020-09-04 |
Telah dilakukan penelitian tentang penerapan model pembelajaran Problem Solving berbasis ICARE pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit yang bertujuan untuk mengetahui (1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah ; (2) peningkatan hasil belajar peserta didik; (3) respon peserta didik terhadap pembelajaran. Penelitian ini menerapkan jenis penelitian tindakan kelas bersiklus dengan model Kemmis & Mc.Taggart melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X MIPA 1 SMAN 12 Banjarmasin dengan jumlah 35 peserta didik. Instrumen penelitian berupa instrumen tes dan nontes. Data dianalisis dengan teknik analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan pemecahan masalah peserta didik meningkat dari 38,21 kategori masih sangat beresiko (MSB) menjadi 63,6 kategori sudah berkembang baik (SBB); (2) hasil belajar pengetahuan meningkat dari 68,34 kategori rendah menjadi 84,54 kategori baik, hasil belajar sikap meningkat dari 9,43 kategori cukup baik menjadi 12,21 kategori baik, hasil belajar keterampilan meningkat dari 8,08 menjadi 11,1 terampil; (3) respon peserta didik dalam pembelajaran dengan kategori sangat baik. Kesimpulan pada penelitian yaitu: pembelajaran dengan model Problem Solving berbasis ICARE dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar peserta didik.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI