DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN AKSES PELAYANAN KESEHATAN DENGAN PERILAKU KEPATUHAN KONTROL PADA PASIEN HIPERTENSI DI PUSKESMAS PEMURUS BARU BANJARMASIN
PENGARANG:Fintia Arpri Kusumawati
PENERBIT:-
TANGGAL:2018-02-05


Akses pelayanan kesehatan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi
perilaku kepatuhan kontrol. Tujuan penelitian ini mengetahui hubungan akses
pelayanan kesehatan dengan perilaku kepatuhan kontrol pada pasien hipertensi di
Puskesmas Pemurus Baru Banjarmasin. Metode penelitian yang digunakan adalah
observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Pemilihan sampel dengan
menggunakan metode accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang.
Hasil penelitian didapatkan 60% pasien hipertensi memiliki kepatuhan tinggi dalam
melakukan kontrol dan 40% pasien hipertensi memiliki kepatuhan rendah dalam
melakukan kontrol. Pada akses pelayanan kesehatan didapatkan 57% pasien hipertensi
memiliki akses yang baik dan 43% memiliki akses yang buruk. Analisis data hasil
penelitian menggunakan uji chi-square, didapatkan p value = 0,004 sehingga dapat
disimpulkan terdapat hubungan antara akses pelayanan kesehatan dengan perilaku
kepatuhan kontrol pada pasien hipertensi di Puskesmas Pemurus Baru Banjarmasin.
Kata-kata kunci: perilaku, kepatuhan, akses pelayanan kesehatan, hipertensi

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI