DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IDENTIFIKASI SEKTOR POTENSIAL PADA PEREKONOMIAN KBUPATEN BANJAR: ANALISIS INPUT OUTPUT
PENGARANG:MUHAMMAD NUR HAFIZH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-09-22


Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui sektor potensial dalam meningkatkan perekonomian Kabupaten Banjar.

 Penelitian ini menggunakan analisis input-output untuk mengidentifikasi sektor-sektor yang menjadi sektor potensial di dalam perekonomian Kabupaten Banjar melalui perhitungan kaitan ke depan dan ke belakang serta angka pengganda. Tabel input-output Kabupaten Banjar dibuat dengan menurunkan Tabel Provinsi Kalimantan Selatan sebagai dasar dengan penyesuaian kuosien lokasi (Location Quotient). Penyesuaian dengan menggunakan data sekunder seperti data Produk Domestik Regional Bruto menurut lapangan usaha dan pengeluaran atas harga berlaku dan tenaga kerja untuk Kabupaten Banjar.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Industri Pengolahan; (2) Transportasi, Pergudangan, dan Komunikasi; (3) Keuangan, Real Estate, dan Jasa Perusahaan; (4) Listrik, Gas, dan Air, (5) Konstruksi adalah sektor potensial di Kabupaten Banjar. Sektor ini yang perlu dikembangkan karena dengan memperluas sektor ini diharapkan akan mendorong sektor lainnya.

Keterbatasan penelitian ini yaitu terbatasnya data yang diperoleh dan data yang digunakan hanya hasil dokumentasi oleh instansi-instansi terkait.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI