DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Representasi Toleransi Antar Umat Beragama Pada Film (Analisis Film “Kau Adalah Aku Yang Lain” Karya Anto Galon)
PENGARANG:ALFIAN NOOR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-09-22


ABSTRAK

 

Alfian Noor. D1C115045. Representasi Toleransi Antar Umat Beragama Pada Film (Analisis Film “Kau Adalah Aku Yang Lain” Karya Anto Galon). Dibimbing oleh Sarwani dan Lalita Hanief.

Penelitian ini didasari untuk mengetahui pesan-pesan tersurat maupun tersirat yang sebenarnya ingin disampaikan film “Kau Adalah Aku Yang Lain” kepada penontonnya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode analisis isi kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui pesan toleransi agama dalam film “Kau Adalah Aku yang Lain”. Film “Kau Adalah Aku Yang Lain” merupakan sebuah film pendek karya seorang sineas asal Semarang yaitu Anto Galon yang sukses memenangkan sebuah penghargaan sebagai pemenang police movie festival ke- 4 tahun 2017. Film ini menceritakan tentang sikap toleransi antar umat beragama.

Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi Burhan Bungin, teknik pengumpulan data secara dokumentasi, observasi dan wawancara. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori interaksi simbolik.

Hasil penelitian ini, menggunakan konsep toleransi antar umat beragama menurut pandangan Islam dan toleransi antar umat beragama menurut pandangan umum. Secara umum menyampaikan pesan-pesan toleransi antar umat beragama, yaitu tidak memaksakan suatu agama kepada orang lain, saling tolong-menolong, tidak bermusuhan, mengakui hak setiap orang, setuju dalam perbedaan, saling menghormati

 

Kata kunci : Toleransi, Film, Analisis Isi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI