DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Penetapan Tarif Jasa Potong Rambut Pada Chat Barber Banjarmasin Berdasarkan Metode Cost Plus Pricing dengan Pendekatan Full Costing
PENGARANG:DILLA FEBLIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-09-22


Dilla Feblia (2020). “Penetapan Tarif Jasa Potong Rambut pada Chat Barber Banjarmasin Berdasarkan Metode Cost Plus Pricing dengan Pendekatan Full Costing”. Pembimbing: Enny Hardi, SE, M.Si, Ak, CA

            Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan tarif yang telah ditetapkan Chat Barber Banjarmasin dengan perhitungan tarif berdasarkan metode cost plus pricing dengan pendekatan full costing. Penelitian ini dilakukan pada Chat Barber Banjarmasin yang berlokasi di Jalan Cempaka Besar No. 7 Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

            Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Data dianalisis dengan 7 langkah, yakni: 1) Menggolongkan biaya berdasarkan fungsi, 2) Menghitung taksiran biaya pada tiap pelayanan, 3) Menghitung biaya produksi, biaya non produksi dan biaya penuh, 4) Menghitung Persentase Markup, 5) Menghitung tarif jasa,6) Memaparkan tarif jasa yang ditetapkan oleh Chat Barber dan tarif jasa yang dihitung menggunakan metode cost plus pricing dengan pendekatan full costing, 7) Membandingkan apakah terdapat perbedaan antara tarif jasa yang ditetapkan oleh Chat Barber dan tarif jasa yang dihitung menggunakan metode Cost Plus Pricing dengan pendekatan Full Costing.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penetapan tarif jasa potong rambut yang ditetapkan oleh Chat barber Banjarmasin lebih rendah dibanding dengan penghitungan tarif jasa menurut metode Cost Plus Pricing. Tarif jasa Cut & Wash yang dihitung lebih besar dibanding tarif yang ditetapkan Chat Barber dengan selisih Rp 956 atau 2%. Tarif jasa Cut Only yang dihitung lebih besar dibanding tarif yang ditetapkan Chat Barber dengan selisih Rp 3.269 atau 9% dari tarif Chat Barber.

 

Kata Kunci: Cost Plus Pricing, Full Costing, Tarif Jasa


Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI