DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI KOMBINASI METODE DEMONSTRATION, MODEL DIRECT INSTRUCTION, DAN MODEL TALKING STICK DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN FISIK MOTORIK KASAR ANAK KELOMPOK B DI TK
PENGARANG:IBNU KHALDUN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-09-22


Permasalahan dalam penelitian ini ialah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa, dimana siswa masih belum mampu berpikir kritis, kurang berpartisipasi, dan kurang terampil dalam memecahkan masalah. Hal ini dikarenakan pembelajaran masih bersifat konvensional dimana guru masih menggunakan metode pembelajaran ceramah dan masih bersifat satu arah, sehingga hasil belajar siswa masih di bawah nilai rata-rata. Oleh karena itu, perlu dilakukan inovasi pembelajaran dengan solusi menggunakan kombinasi metode demonstration, model direct instruction, dan model talking stick dalam mengembangkan kemampuan fisik motorik kasar anak kelompok B di TK dengan tujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar.

Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif merupakan data tentang minat atau suasana kelas dan data yang berkenaan dengan aktivitas anak dan aktivitas guru dalam kegiatan belajar mengajar. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan studi literatur, proses pengumpulan data melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan kombinasi metode demonstration, model direct instruction, dan model talking stick dalam mengembangkan kemampuan fisik motorik kasar anak kelompok B di TK dapat meningkatkan keterampilan guru dan siswa serta keaktifan dalam mengikuti pembelajaran dikelas.

Berdasarkan hasil penelitian ini, maka disimpulkan bahwa terjadi peningkatan pada aktivitas guru, aktivitas siswa, serta hasil belajar. Adapun saran bagi guru, kepala sekolah, dan peneliti lain agar dapat menjadikan hasil dari penelitian ini sebagai acuan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI