DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI MODEL ICARE BERBANTUAN MEDIA INSTAGRAM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI KESETIMBANGAN ION DALAM LARUTAN GARAM DI KELAS XI MIPA SMAN 7 BANJARMASIN TAHUN AJARAN 2019/2020
PENGARANG:NIA RAHMANIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-09-22


Telah dilaksanakan penelitian pada peserta didik kelas XI MIPA untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar dan keterampilan proses sains dengan menerapkan model ICARE berbantuan instagram dan DI.  Jenis dan desain penelitian yang digunakan yaitu quasi experiment dan nonequivalent control group design. Sampel penelitian ini  yaitu peserta didik kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2. Variabel bebasnya yaitu model pembelajaran dan variabel terikatnya yaitu motivasi belajar dan keterampilan proses sains. Data dikumpulkan menggunakan teknik tes dan non tes, lalu dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Penelitian ini dihasilkan bahwa (1) ada perbedaan motivasi belajar yang signifikan antara model ICARE berbantuan instagram dan model DI, (2) ada perbedaan signifikan antara model ICARE berbantuan instagram dan model DI, dan (3) peserta didik memberikan respon sangat positif terhadap model pembelajaran ICARE berbantuan instagram.

Kata kunci: ICARE, instagram, motivasi belajar, keterampilan proses sains. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI