DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN IPS MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI), NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS V SDN PASAR LAMA 6 BANJARMASIN
PENGARANG:REHNA NUR FITRIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-09-23


                             ABSTRAK

 

Fitria, Rehna Nur. 2020. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Muatan IPS Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Group Investigation (GI), Numbered Head Together (NHT) dan Make A Match Pada Siswa Kelas V SDN Pasar Lama 6. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Hj. Mahrita.

Kata Kunci: Aktivitas, Hasil belajar siswa, Model Group Investigation, Numbered Head Together, dan Make a Match.

Permasalahan aktivitas dan hasil belajar siswa yang rendah. pada muatan Ilmu Pengetahuan Sosial tema Lingkungan Sahabat Kita kelas V SDN Pasar Lama 6 Banjarmasin disebabkan pembelajaran bersifat satu arah. Upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar menggunakan kombinasi model pembelajaran Group Investigation (GI), Numbered Head Together (NHT) dan Make A Match. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa dan menganalisis hasil belajar siswa.

Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis Penelitian Tindakan kelas dilaksanakan tiga pertemuan. Subjek penelitian siswa kelas V SDN Pasar Lama 6 tahun ajaran 2019/2020 berjumlah 19 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif data kualitatif dan kuantitatif.

Hasil penelitian aktivitas guru pertemuan 1 baik, pertemuan 2 sangat baik dan pertemuan 3 sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 cukup aktif, pertemuan 2 aktif dan pertemuan 3 sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pertemuan 1 (68%), pertemuan 2 (74%), pertemuan 3 (84%).

Berdasarkan temuan disimpulkan kombinasi Model pembelajaran Group Investigation (GI), Numbered Head Together (NHT) dan Make A Match pada siswa kelas V SDN Pasar Lama 6 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Disarankan dengan penggunaan model tersebut dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa, khususnya pada muatan IPS Tema Lingkungan Sahabat Kita.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI