DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ESTIMASI SUMBERDAYA BATUBARA MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA PT BERKAT TAMBANG SEJAHTERA, SITE PT BINUANG MITRA BERSAMA, KECAMATAN LOKPAIKAT, KABUPATEN TAPIN, KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:ERIK NANDANG K S
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-09-23


ABSTRAK

 

Erik Nandang Kurnaidi Saputra:ESTIMASI SUMBERDAYA BATUBARA MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA PADA WILAYAH IUP PT BERKAT TAMBANG SEJAHTERA, SITE PT BINUANG MITRA BERSAMA, KECAMATAN LOKPAIKAT, KABUPATEN TAPIN, PROVINSI KALIMANTAN SELATAN

 

 

Operasional di PT Berkat Tambang Sejahtera diawali dengan penyelidikan umum untuk batasan luas daerah, mengetahui keadaan geologi dan pencarian singkapan. Penyelidikan umum dilanjutkan dengan eksplorasi pendahuluan dan eksplorasi detail. Pada Eksplorasi pendahuluan dilakukan kegiatan pemetaan topografi dan pemetaan geologi singkapan, sebagai dasar pertimbangan dalam pelaksanaan eksplorasi detail. Adapun eksplorasi detail lebih difokuskan pada kegiatan pemboran yang bertujuan untuk mengetahui bentuk dan geometri endapan batubara serta ketebalan batubara (model geologi endapan), data parameter kualitas batubara.

Estimasi sumberdaya merupakan proses kuantifikasi formal suatu endapan bahan galian (bijih atau batubara). Perhitungan dapat dilakukan dengan berbagai metode yang didasarkan pada pertimbangan empiris maupun teoritis. Volume, tonase, kadar dan kuantitas mineral merupakan variabel yang umum diperhitungkan. Seiring dengan perkembangan teknologi, maka metode perhitungan cadangan telah sangat berkembang secara komputerisasi dengan menggunakan software yang sudah ada sekarang ini.  

Metode pendekatan ilmiah yang digunakan adalah pemodelan matematis metode elemen hingga atau yang dikenal sebagai finite element method (FEM). Metode ini merupakan pendekatan matematis deterministik yang mencakup tiga tahapan pemodelan, yaitu: konseptual, matematika, dan numerik. Proses utama pada metode ini adalah diskritisasi yaitu membagi suatu elemen menjadi elemen-elemen yang lebih kecil untuk mempermudah dalam pengelolaanya sehingga dapat melibatkan atribut-atribut bobot atau nilai yang ingin diteliti di dalam batubara.

Keadaan geologi tergolong geologi moderat terdapat 4seam dengan dip (40°), strike dari Utara ke Timur. Permodelan   dan perhitungansumberdayamenggunkansoftware  Minescape 5.7.Hasil perhitungan sumberdaya batubara dengan elemen hingga seam G terukur 1,296,593 ton, seam H terukur 1,177,955 ton, seam I terukur 1,173,657 ton, seam J terukur 1,267,889 ton. Metode elemen hingga terukur 20,794,885ton.

 

 

Kata Kunci : Eksplorasi, Estimasi Sumberdaya, Metode Elemen Hingga

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI