DIGITAL LIBRARY



JUDUL:FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPEMILIKAN JAMBAN SEHAT DIWILAYAH UPTD PUSKESMAS BENTOT KECAMATAN PATANGKEP TUTUI KABUPATEN BARITO TIMUR KALIMANTAN TENGAH
PENGARANG:RISNAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-09-23


Pengguna Jamban di provinsi Kalimantan Tengah tahun 2019 adalah menggunakan kloset berjenis leher angsa sebanyak 683.894 orang, komunal sebanyak 30.037 orang,cemplung/cubluk sebanyak 63.643 orang, dan plengsengan sebanyak 31.362 orangBerdasarkan data UPTD Puskesmas Bentot tahun 2019 yang memiliki jamban sehat hanya 60,7 %. Keadaan sanitasi 4 desa yaitu Desa Mawani, Desa Kotam, Desa lalap dan Desa Jango masih rendah masih banyak masyarakat yang tidak memiliki jamban pribadi masyarakat di 4 desa masih ada yang buang air besar sembarangan.Penelitian ini bertujuan mengetahui Kondisi Eksisting wilayah dan faktor-faktor yang mempengaruhi kepemilikan jamban sehat di wilayah UPTD Puskesmas Bentot Kecamatan Patangkep Tutui Kalimantan Tengah.

Penelitian Faktor –Faktor yang Mempengaruhi Kepemilikan Jamban Sehat ini  ini dilakukan di wilayah UPTD Puskesmas Bentot yaitu Di Desa Lalap, Desa Kotam, Desa Jango, dan Desa Mawani dengan menggunakan metode regresi linier berganda, analisis dilakukan secara spasial dengan menggunakan SPSS. Faktor-faktor  yang digunakan yaitu Pengetahuan, Sikap, Pendidikan, Pendapatan, Kebiasaan Untuk mengetahui Pengaruhnya terhadap kepemilikan Jamban Sehat dilakukan dengan cara metode survei dan wawancara, kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif.

Berdasarkan hasil pengolahan data  menggunakan metode regresi linier berganda didapatkan bahwa Kepemilikan Jamban Sehat di Wilayah UPTD Puskesmas Bentot Kabupaten Barito Timur Kalimantan Tengah. Hasil wawancara menunjukkan bahwa keadaan kondisi eksisting sangat berpengaruh terhadap pembangunan jamban sehat keluarga. Dari Hasil pengolahan data primer dengan  SPPS di dapatkan bahwa faktor Pengetahuan, Sikap, Pendidikan,  Pendapatan Dan Kebiasaan terdapar korelasi dengan Kepemilikan Jamban.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI