DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS SIKAP DAN PERILAKU MASYARAKAT BANTARAN SUNGAI ALALAK MEMBUANG SAMPAH RUMAH TANGGA DI KECAMATAN BANJARMASIN UTARA KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:RADIATUL ZANAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-09-23


Judul dalam penelitian ini adalah “Analisis Sikap dan Perilaku Masyarakat Bantaran Sungai Alalak Membuang Sampah Rumah Tangga di Kecamatan Banjarmasin Utara”. Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya sampah yang tersebar di bantaran Sungai, khususnya bantaran Sungai Alalak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik masyarakat, sikap dan perilaku masyarakat yang tinggal di bantaran Sungai Alalak membuang sampah rumah tangga, serta mengetahui estimasi volume sampah masyarakat dan estimasi rata-rata volume sampah yang dihasilkan dalam setiap kepala keluarga.

Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah Kepala Keluarga yang bertempat tinggal di bantaran Sungai Alalak yang terdiri dari 37 RT dengan jumlah 3191 Kepala Keluarga. Pentuan jumlah sampel dalam penelitian ini menggunakan tabel krejcie dan morgan. Jumlah sampel penelitian berdasarkan tabel krejcie dan morgan sebanyak 346 sampel. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder.  Data primer diperoleh melalui observasi di lapangan dan penyebaran kuesioner. Data sekunder diperoleh dari studi pustaka dan studi dokumen. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengolahan data yang digunakan terdiri dari editing, coding, scoring, dan tabulating kemudian dianalisis dengan rumus persentase.

Hasil penelitian mengenai masyarakat bantaran sungai Alalak merupakan masyarakat kelas menengah ke bawah dan penduduk asli yang sudah lama bermukim di bantaran Sungai Alalak. Masyarakat yang tinggal di bantaran Sungai Alalak mayoritas membuang sampah sehari-hari ke sungai karena dipengaruhi oleh sikap berdasarkan pengalaman pribadi, faktor kurangnya kesadaran dan tanggung jawab dalam kegiatan kerja bakti lingkungan, faktor belum tersedianya sarana pembuangan sampah yang memadai, dan faktor penyediaan fasilitas dan cara pengelolaan sampah yang diberikan pemerintah masih sangat kurang, sehingga kebanyakan masyarakat lebih memilih membuang sampah sehari-harinya ke sungai atau sembarangan selain itu dikarenakan sudah menjadi kebiasaan individu. Hasil perhitungan estimasi volume sampah masyarakat bantaran Sungai Alalak berdasarkan jumlah estimasi sampah seluruh responden menghasilkan 930 kilogram sampah padat dan menghasilkan 132.900 liter limbah cair per hari dengan rata-rata menghasilkan 3 kilogram sampah padat dan menghasilkan limbah cair MCK dengan kisaran 300 liter dalam setiap kepala keluarga.

Kata kunci: Sikap, Perilaku, Masyarakat, Bantaran Sungai, Membuang Sampah

         Rumah Tangga.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI