DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERANAN PENDAMPING DESA DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA (Studi Pada Desa Muara Plantau, Kecamatan Pematang Karau, Kabupaten Barito Timur)
PENGARANG:MUHAMMAD RICKY
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-09-23


ABSTRAK

 

Muhammad Ricky. D1B113236, Peranan Pendamping Desa Dalam Pemberdayaan Masyarakat(Studi pada Desa Muara Plantau, Kecamatan Pematang Karau, Kabupaten Barito Timur). dibawah bimbingan Apriansyah selaku pembimbing I, dan Suriansyah Umar selaku pembimbing II.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan pendamping desa dalam pemberdayaan masyarakat desa Muara Plantau. Peran pendamping desa dalam hal mendampingi desa dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pemantauan terhadap pemberdayaan masyarakat desa.

Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan tipedeskriptif. Informan penelitian ini adalah Pendamping Desa, Masyarakat Desa, dan Kepala Desa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara, sedangkan analisis data meliputi empat komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan

Hasil penelitian menunjukan peran pendamping desa sudah sesuai dengan peraturan Menteri Desa No.3 tahun 2015 tentang Pendamping Desa. Dalam perencanaan pendamping desa telah melakukan tugasnya dengan baik, namun terdapat kendala pada partisipasi masyarakat yang masih minim dalam perencanaan pembangunan, dan pemberdayaan masyarakat. Dalam hal pelaksanaan pendamping desa telah banyak memfasilitasi berbagai kegiatan pemberdayaan seperti pelatihan-pelatihan dan Bumdes. Kemudian dalam pemantauan pendamping desa juga aktif mengawal dan mengawasi pelakasanaan pembangunan dan kegiatan pemberdayaan masyarakat.

Saran yang diberikan oleh Peneliti yaitu perlu   dilakukan   bentuk   penyadaran   kepada   masyarakat   desa mengenai peran dan fungsi pendamping desa kepada masyarakat agar masyarakat dapat memanfaatkan pendamping desa sebagai fasilitas antara masyarakat desa dan pemerintahan desa.

 

 

Kata Kunci : Pendamping Desa, Pemberdayaan, Muara Plantau

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI