DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Materi Aritmatika Sosial Berbasis Masalah Matematika Kontekstual Dengan Konteks Lingkungan Lahan Basah Pada Sekolah Menengah Pertama Kelas VII
PENGARANG:ALYA DESMA GARINI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-09-23


Masih minimnya pengetahuan peserta didik tentang keterkaitan lingkungan lahan 

basah dengan matematika, maka diperlukan adanya suatu inovasi untuk 

menciptakan kegiatan belajar mengajar yang bermakna dan bermanfaat untuk 

kehidupan sehari-hari. Berdasarkan pengamatan peneliti, LKPD yang digunakan di 

sekolah tidak ada satupun materi yang berkaitan dengan lingkungan lahan basah. 

Peserta didik hanya ditekankan dalam mengerjakan soal-soal latihan tanpa adanya 

pemahaman konsep mendalam tentang penggunaan matematika secara kontekstual 

khususnya dalam konteks lingkungan lahan basah. Menyediakan LKPD yang dapat 

digunakan guru maupun peserta didik merupakan solusi dari permasalahan ini. 

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan LKPD materi aritmatika sosial berbasis 

masalah matematika kontekstual dengan konteks lingkungan lahan basah pada 

sekolah menengah pertama kelas VII yang valid. Penelitian ini menggunakan model 

pengembangan Plomp yaitu fase investigasi awal, fase perancangan, fase 

realisasi/kontruksi, dan fase tes, evaluasi dan revisi. Pada fase tes, evaluasi dan 

revisi dilakukan uji validitas oleh tiga validator. Hasil uji validitas terhadap LKPD 

yang dikembangkan menunjukkan kriteria valid. Sehingga, dihasilkan LKPD 

materi aritmatika sosial berbasis masalah matematika kontekstual dengan konteks 

lingkungan lahan basah pada sekolah menengah pertama kelas VII yang valid.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI