DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | IMPLEMENTASI KAHOOT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI ILMU SOSIAL (IS) PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SMA MUHAMMADIYAH 1 BANJARMASIN TAHUN PELAJARAN 2019/2020 | |
PENGARANG | : | ZAKIAH | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2020-09-24 |
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan menganalisis efektivitas Kahoot untuk meningkatkan hasil belajar geografi di kelas XI Ilmu Sosial (IS) SMA Muhammadiyah 1 Banjarmasin. Metode yang digunakanyaitu tindakan kelas (action research)dengan menggunakan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru disiklus I adalah 77,78% meningkat disiklus II menjadi 90,74%. Aktivitas peserta didik pada siklsus I memperoleh skor 61,67% meningkat pada siklus II menjadi 70%. Nilai pre test kognitif ke-1 siklus I mendapat nilai 46,67% meningkat pada siklus II menjadi 66,67%. Nilai post test kognitif ke-1 siklus I mendapatkan nilai sebesar 66,67% meningkat pada siklus II menjadi 93,33%. Nilai pre test kognitif ke-2 siklus I mendapatkan nilai 26,67% meningkat pada siklus II menjadi 66,67%. Nilai post test kognitif ke-2 siklus I mendapat nilai 73,33% meningkat pada siklus II menjadi 86,67%. Nilai afektif siklus I yaitu 13,87% meningkat pada siklus II menjadi 18,53%. Hasil skor psikomotorik siklus I yaitu 10,76% pada siklus II meningkat menjadi 11,63%.Dari hasil tersebut dapat dijelaskan bahwa media Kahoot dapat meningkatkan hasil belajar geografi pada peserta didik kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Banjarmasin.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI