DIGITAL LIBRARY



JUDUL:RELEVANSI KI DAN KD PADA PROSES PEMBELAJARAN PJOK MENGGUNAKAN KURIKULUM 2013 DI SMP NEGERI 15 BANJARBARU
PENGARANG:MUHAMMAD BUDHI RIFANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-09-24


ABSTRAK

 

MUHAMMAD BUDHI RIFANI, NIM.1610122210026, 2020, Relevansi KI Dan KD  Pada Proses Pembelajaran PJOK Menggunakan Kurikulum 2013 Di SMP Negeri 15 Banjarbaru, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Herita Warni (II) H.Syamsul Arifin.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Relevansi KI dan KD  pada proses pembelajaran PJOK menggunakan Kurikulum 2013 di SMP Negeri 15 Banjarbaru yang berlokasi di kota Banjarbaru. Penelitian yang dilakukan dengan subjek pendidik pendidikan jasmani. Penelitian ini menggunakan metode survei yang bertujuan untuk mendeskripsikan relevansi KI dan KD pada proses pembelajaran PJOK. Penelitian survei dilakukan untuk mengukur ketercapaian Relevansi KI dan KD pada proses pembelajaran PJOK menggunakan Kurikulum 2013 Di SMP Negeri 15 Banjarbaru.

 

Sampel atau subjek yang diteliti pada penelitian ini adalah pendidik SMP Negeri 15 Banjarbaru yang belum bermitra dengan universitas lambung mangkurat di kota Banjarbaru. Pengumpulan data pada penelitian adalah dokumentasi dan lembar angket kegiatan pendidik yang melaksanakan pembelajaran pendidikan jasmani.

 

Pada penelitian ini didapatkan data perangkat (RPP) untuk pertemuan pertama sebesar 68% yakni pada katagori kuat, untuk data perangkat (RPP) pertemuan kedua sebesar 68% pada katagori kuat, sedangkan untuk data dilapangan untuk pertemuan pertama sebesar 74% yakni pada katagori kuat, lalu untuk data lapangan yang pertemuan kedua sebesar 77% pada katagori kuat, dalam 2 kali pertemuan dengan pendidik pendidikan jasmani. Dapat diketahui bahwa Relevansi KI dan KD pada proses pembelajaran PJOK menggunakan Kurikulum 2013 Di SMP Negeri 15 Banjarbaru adalah baik katagori kuat.

 

Kata kunci: Relevansi KI KD, Perencanaan Pembelajaran, Guru Pendidikan Jasmani

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI