DIGITAL LIBRARY



JUDUL:OPTIMALISASI SISTEM DEWATERING PT ENERGI BATUBARA LESTARI, KECAMATAN TAPIN UTARA, KABUPATEN TAPIN, PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:MUHAMMAD RIZANI ZAIN
PENERBIT:FAKULTAS TEKNIK
TANGGAL:2018-02-05


PT Energi Batubara Lestari saat dilakukan penelitian menggunakan tempat penampungan air sementara pada pit selatan blok 2 tanpa dimensi khusus. Untuk itu perlu dibuat sump untuk mengatasi masalah air limpasan yang masuk ke front kerja dan mengelola air yang berpotensi masuk ke pit. Oleh karena itu diperlukan sebuah penelitian untuk membuat sebuah perencanaan sistem dewatering tambang yang baik dan bisa diaplikasikan pada pit ini.
Pada penelitian ini, perhitungan curah hujan rencana menggunakan metode Gumbel, perhitungan intensitas hujan dihitung menggunakan metode mononobe, perhitungan debit limpasan menggunakan metode rasional, penentuan luas catchment area dengan menggunakan Minescape 4.118, perhitungan kapasitas dan ketahanan sump juga kebutuhan jumlah pompa menggunakan metode water balance, dan perhitungan debit pompa dengan menggunakan metode discharge.
Hasil perhitungan curah hujan rencana periode 2 tahun adalah 85,48 mm, hasil perhitungan intensitas hujan adalah 29,27 mm/jam. Luas catchment area untuk pit awal adalah 64,33 Ha. Hasil perhitungan debit limpasan untuk sump adalah 4,77 m3/detik. Pada sump dengan penggunaan 1 unit pompa HH-150iSS dari desain awal sump terdapat volume awal 46.000 m3 yang bertahan sump 1,89 jam kemudian sump awal diperbesar mengunakan software Minescape 4.118 menjadi 54.000 m3. Maka volume sump yang dibutuhkan 54.000 m3 dengan 2 buah pompa HH-150iSS agar bertahan 3,31 jam jika terjadi curah hujan maksimum.
Kata Kunci: Intensitas curah hujan, catchment area, sump, pompa, water balance.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI