DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Saluran dan Efisiensi Pemasaran Beras di Desa Berangas Kecamatan Pulau Laut Timur Kabupaten Kotabaru
PENGARANG:RINI NURHAYATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-09-25


 

Analisis Saluran dan Efisiensi Pemasaran Beras di Desa Berangas Kecamatan Pulau Laut Timur Kabupaten Kotabaru” di bawah bimbingan Dr. Ir. Muhammad Husaini, MS dan Masyhudah Rosni, SP.M.Si

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui saluran pemasaran beras dan untuk mengetahui margin pemasaran,  farmer share dan efisiensi pemasaran beras di Desa Berangas Kecamatan Pulau Laut Timur Kabupaten Kotabaru.

 

            Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Maret 2019 sampai Agustus 2019 di Desa Berangas Kecamatan Tanah Laut Timur Kabupaten Kotabaru. Penelitian ini menggunakan data primer sebanyak 30 orang petani sampel dengan cara wawancara langsung dengan bantuan kousioner, sedangkan data sekunder diperoleh dari instansi-instansi yang terkait dengan penelitian ini.

 

            Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa saluran pemasaran yang ada di Desa Berangas terdiri dari dua saluran pemasaran, yaitu saluran I (Petani-Penggilingan-Pedagang Besar-Konsumen) yang di ikuti petani sebesar 33,33% dan saluran II (Petani-Penggilingan-Pedagang Pengecer-Konsumen) yang di ikuti petani sebesar 66,67%. Margin pemasaran saluran I sebesar Rp 4.200,00/Kg, dengan farmer share sebesar 62,05% dan efisiensi pemasaran sebesar 14,00%, Sedangkan saluran II diperoleh margin pemasaran sebesar Rp3.200,00/Kg, farmer share sebesar 70,09% dan efisiensi pemasaran sebesar 11,05%. Berdasarkan kedua saluran pemasaran tersebut, saluran yang paling efisien, saluran II karena total biaya yang dikeluarkan relatif kecil, total margin yang lebih kecil dan efisiensi pemasaran yang lebih kecil.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI