DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Ekstrak Kulit Batang Kasturi (Mangifera casturi) terhadap Jumlah sel Neutrofil pasca pencabutan gigi tikus wistar (Rattus norvegicus)
PENGARANG:Syifa Syara Fina
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-09-26


ABSTRAK

 

PENGARUH EKSTRAK KULIT BATANG KASTURI (Mangifera casturi) TERHADAP JUMLAH SEL NEUTROFIL PASCA PENCABUTAN GIGI TIKUS WISTAR (Rattus norvegicus)

 

Syifa Syara Fina, Didit Aspriyanto, Irham Taufiqurrahman

 

Latar Belakang: Pencabutan gigi adalah suatu proses mengeluarkan gigi dari soketnya. Pencabutan gigi menyebabkan terjadinya pendarahan pada jaringan rongga mulut disekitarnya. Ketika terjadinya pendarahan maka akan muncul sel neutrofil yang bertugas membersihkan debris ataupun bakteri yang berada dalam perdarahan tersebut. Saat awal mula pendarahan terjadi biasanya pada fase inflamasi akut hari ke-1 sampai hari ke-3 akan ada sel neutrofil didalam jaringan. Penggunaan Povidone iodine 10% dapat membantu proses penyembuhan luka namun bahan kimianya memiliki efek samping yang signifikan. Maka dari itu diperlukan pemanfaatan tanaman herbal yang lebih aman dan mudah digunakan. Ekstrak kulit batang kasturi (Mangifera casturi)mengandung senyawa terpenoid, steroid, dan saponin yang bersifat antibakteri serta antiinflamasi yang diharapkan dapat berpengaruh terhadap proses penyembuhan luka pada pencabutan gigi. Tujuan: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh ekstrak kulit batang kasturi konsentrasi 12,7% terhadap jumlah sel neutrofil pasca pencabutan gigi tikus wistar. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian Experimental Laboratories dengan rancangan penelitian Post Test with Control Group Design. Penelitian ini dilakukan pada 24 ekor tikus wistar yang telah diadaptasikan ±2 minggu dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling. Perhitungan jumlah sel neutrofil melalui pengamatan langsung dengan mikroskop cahaya dan 3 lapang pandang. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak kulit batang kasturi lebih berpengaruh terhadap jumlah sel neutrofil dibanding kelompok kontrol. Hasil uji One way anova menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang bermakna antar setiap kelompok (p<0,05). Kesimpulan: Ekstrak kulit batang kasturi dapat membantu jumlah sel neutrofil meningkat pada hari ke-1 dan menurunkan pada hari ke-3 pasca pencabutan gigi tikus wistar.

 

Kata kunci : Pencabutan gigi, Neutrofil, Inflamasi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI