DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN BAHASA RESEPTIF (MENCERITAKAN KEMBALI APA YANG DIDENGAR DENGAN KOSA KATA YANG LEBIH) MELALUI METODE BERCERITA, MODEL PICTURE AND PICTURE DAN MEDIA BONEKA JARI PADA ANAK KELOMPOK B TK KARTIKA V-21 BANJARMASIN
PENGARANG:IRIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-09-27


ABSTRAK

Iriani, 2020.Mengembangkan Bahasa Reseptif (Menceritakan Kembali Apa Yang

                Didengar Dengan Kosa Kata Yang Lebih) Melalui Metode Bercerita,

                Model Picture And Picture Dan Media Boneka Jari Pada Anak Kelompok

                B TK Kartika V-21 Banjarmasin.” Skripsi Program S1 Pendidikan Guru

                Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

                Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin Pembimbing Dr. Ririanti

                Rachmayanie, S.Psi, M.Pd

                   

Kata Kunci : Bahasa reseptif, menceritakan kembali, Picture And Picture,

                        metode bercerita dan media boneka jari.       

 

Masalah yang terjadi adalah anak kurang menyimak apa yang disampaikan oleh guru dalam pembelajaran sehingga anak kesulitan dalam menyerap informasi atau pengetahuan dari orang lain. Hal ini terjadi karena dalam kegiatan pembelajaran guru hanya menggunakan media yang seadanya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil pengembangan kemampuan bahasa reseptif anak melalui Metode Bercerita, Model Picture And Picture Dan Media Boneka Jari pada anak kelompok B  di TK Kartika V-21 Banjarmasin.

Penelitian ini dilaksanakan pada anak kelompok B di TK Kartika V-21 Banjarmasin dengan jumlah anak 13 orang. Pendekatan yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 3 pertemuan. Setiap pertemuan dilakukan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil perkembangan bahasa anak.

Hasil penelitian pada setiap pertemuan selalu meningkat. Aktivitas guru dengan kriteria sangat baik, aktivitas anak menjadi sangat aktif, dan perkembangan aspek bahasa reseptif anak berhasil berkembang sangat baik.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru, aktivitas anak, dan kemampuan bahasa anak dalam menceritakan kembali apa yang didengar dengan kosa kata yang lebih melalui metode bercerita, model Picture And Picture dan media boneka jari pada anak kelompokB TK Kartika V-21 Banjarmasin dinyatakan berhasil Penelitian ini juga diharapkan dapat member manfaat kepada guru, Kepala TK dan peneliti selanjutnya.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI