DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP PRESTASI KERJA MELALUI MOTIVASI BERPRESTASI DAN DISIPLIN KERJA GURU SMK NEGERI DI KABUPATEN TANAH LAUT
PENGARANG:RUSMILA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-09-27


Rusmila, 2021. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah terhadap Prestasi Kerja melalui Motivasi Berprestasi dan Disiplin Kerja Guru SMK Negeri Di Kabupaten Tanah Laut. Tesis. Program Magister Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: (I) Prof. Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd., Ph.D dan (II) Drs. Sulaiman, M.Pd., Ph.D

 

Kata Kunci: kepemimpinan transformasional, motivasi berprestasi, disiplin  Kerja, Prestasi Kerja

 

 Prestasi kerja guru adalah suatu hasil yang dicapai oleh seorang guru dalam mengerjakan tugas profesionalnya secara efisien dan efektif yang meliputi kualitas kerja, kecepatan, ketepatan, inisiatif, kemampuan, dan membangun komunikasi. Faktor yang mempengaruhi prestasi kerja guru adalah antara lain: kepemimpinan transformasional kepala sekolah, motivasi berprestasi, disiplin kerja guru. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap prestasi kerja melalui motivasi berprestasi dan disiplin kerja guru SMK Negeri di Kabupaten Tanah Laut.

            Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional.  Populasi dalam penelitian ini sebanyak 231 orang. Sampel berdasarkan proposionate sampling yaitu 147 orang. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah memenuhi syarat uji validitas dengan korelasi Pearson dan reabilitas Alpha Cronbach yang diujikan dengan 30 responden. Model regresi yang dihasilkan telah dilakukan uji asumsi klasik. Pengujian hipotesa mengunakan analisis jalur (Path Analysis) dan sobel test dengan bantuan aplikasi SPSS Versi 26.

           Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat pengaruh langsung kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap prestasi kerja motivasi berprestasi guru (2) terdapat pengaruh langsung kepemimpinan transformasional kepala sekolah  terhadap disiplin kerja guru (3) terdapat pengaruh langsung kepemimpinan transformasional kepala sekolah, motivasi berprestasi, dan disiplin kerja terhadap prestasi kerja guru (4) terdapat pengaruh tidak langsung kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap prestasi kerja melalui motivasi berprestasi (5) terdapat  pengaruh tidak langsung kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap  prestasi kerja melalui disiplin kerja guru SMK Negeri di Kabupaten Tanah Laut.

Saran: (1) Guru membina hubungan baik dangan kepala sekolah dan rekan kerja, mengikuti pelatihan, seminar pengembangan diri dan kegiatan MGMP, (2) Kepala sekolah mempertahankan dan meningkatkan kemampuan kepemimpinan transformasional pada dimensi  idealized influence, inspirational motivation,intelectual stimulation, dan individualized consideration (3) peneliti lain meneliti dengan pendekatan kualitatif  atau mengembangkan dengan variabel lain.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI