DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Efektivitas Penerapan Sipalui Di Kelurahan Pangeran Kecamatan Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin
PENGARANG:M FAISAL TANJUNG
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-10-03


PROGRAM STUDI ILMU ADMINISTRASI PUBLIK

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT

BANJARMASIN

ABSTRAKSI

 

M FAISAL TANJUNG (2020). Efektivitas Penerapan SIPALUI Di Kelurahan Pangeran Kecamatan Banjarmasin Utara Kota BanjarmasinPembimbing 1: Enly Hadiyanor, Pembimbing 2: Sidderatul Akbar.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas penerapan SIPALUI sebagai salah satu sarana pelayanan berbasis digital yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah untuk mempermudah pelayanan di tingkat kelurahan, khususnya di kelurahan Pangeran kecamatan Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin. Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan metode kualitatif.

Metode penelitian ini bersifat deskriftif dan cenderung menggunakan analisis. Proses dan makna (perspektif subjek) lebih ditonjolkan dalam penelitian kualitatif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah persepsi individu / pejabat di Kantor Kelurahan Pangeran Kecamatan Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan. Teknis analisis data menggunakan wawancara dan observasi langsung ke lapangan.

Hasil dari penelitian ini adalah dimana bahwa kelurahan Pangeran terletak di Kecamatan Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin, Kelurahan Pangeran semula merupakan bagian dari wilayah Desa Kuin yang lebih luas, kemudian hari dimekarkan meliputi empat kelurahan yaitu kelurahan Kuin Utara, Kuin Selatan, Kuin cerucuk dan Pageran. Luas wilayah kelurahan Pangeran 190 Hapdengan jumlah penduduk8.637 jiwa pada tahun 2017.

Dimana pemerintah dituntut untuk menigkatkan kualitas pelayanan nya kepada masyarakat, salah satu upaya yang dilakukan sehubungan dengan hal tersebut yaitu dengan meningkatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pelayanan nya atau yang sekarang lebih dikenal dengan Istilah e-Government. Salah satu cara walikota Banjarmasin untuk mewujudkan pemerintahahan yang good government yaitu dengan mengeluarkan Apalikasi Pelayanan Administrasi Kelurahan Terintegrasi yang disingkat SIPALUI yang dapat diunduh di Play Store.

Namun dalam kenyataan nya program efektivitas penerapan SIPALUI di kelurahan Pangeran ini mendapat berbagai kendala, karena masyarakat kurang merespon baik dengan adanya program tersebut. Sehingga ini menjadi pekerjaan rumah yang cukup serius bagi pemerintah daerah kota Banjarmasin jika ingin program penerapan SIPALUI ini dapat lebih efektif dan sesuai dengan tujuan pemerintah daerah kota Banjarmasin untuk menuju pemerintahan yang good government.

 

Kata Kunci: Program Efektivitas,Penerapan Aplikasi SIPALUI, E-Government.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI