DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMPN 17 BANJARMASIN TAHUN PELAJARAN 2019/2020
PENGARANG:MELUSI YANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-10-04


Salah satu mata pelajaran yang memiliki peranan penting dalam pendidikan maupun teknologi adalah matematika. Pembelajaran matematika salah satunya bertujuan supaya siswa memiliki kemampuan menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika.Berdasarkan pengalaman peneliti selama Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMP Negeri 17 Banjarmasin setelah beberapa kali mengajar matematika di kelas VIII, kemampuan penalaran matematis siswa terbilang cukup rendah. Hal ini dikarenakan kurang optimalnya dalam proses pembelajaran baik dari guru maupun siswa, sehingga perlu adanya solusi untuk mengatasi permasalahan yang berkaitan dengan kemampuan penalaran matematis siswa yaitu dengan menerapkan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Tujuan penelitian ini, yaitu: (1) mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik, (2) mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa menggunakan pendekatan deduktif, (3) menganalisis pengaruh pendekatan Pendidikan Matematika Realistik terhadap kemampuan penalaran matematis siswa.Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain penelitian the nonequivalent posttest-only control group design yaitu peneliti hanya melaksanakan posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 17 Banjarmasin,sedangkan sampelnya adalah kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dilanjutkan dengan random sampling.Teknik analisis data menggunakan analisis statistika menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian diperoleh bahwa (1) kemampuan penalaran matematis siswa di kelas yang menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik berada pada kategori sedang, (2) kemampuan penalaran matematis siswa di kelas yang menggunakan pendekatan deduktif berada pada kategori rendah, dan (3) pendekatan Pendidikan Matematika Realistik berpengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII SMPN 17 Banjarmasin.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI