DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Efikasi Diri (Self-Efficacy) terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa SMA PGRI 1 Banjarmasin”. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan tingkat efikasi diri siswa SMA PGRI 1 Banjarmasin dan menganalisis pengaruh efikasi diri terhadap hasil belajar Geografi siswa di SMA PGRI 1 Banjarmasin
PENGARANG:Dilla Ratnasari
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-10-05


Judul penelitian adalah ”Pengaruh Efikasi Diri (Self-Efficacy) terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa SMA PGRI 1 Banjarmasin”. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan tingkat efikasi diri siswa SMA PGRI 1 Banjarmasin dan menganalisis pengaruh efikasi diri terhadap hasil belajar Geografi siswa di SMA PGRI 1 Banjarmasin.

Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMA PGRI 1 Banjarmasin yang berjumlah 136 siswa, sedangkan sampel penelitian berjumlah 34 siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya, serta menggunakan studi dokumen. Analisis data menggunakan teknik persentase, uji korelasi dan uji regresi linear sederhana.

 Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat efikasi diri siswa SMA PGRI 1 Banjarmasin adalah rendah, yaitu sebanyak 21 siswa atau 61,77% memiliki efikasi diri yang rendah, sisanya sebanyak 9 siswa atau 26,47% memiliki efikasi diri yang tinggi, dan sebanyak 4 siswa atau 11,76% memiliki efikasi diri sedang atau cukup; (2) Efikasi diri (self-efficacy) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar geografi siswa SMA PGRI 1 Banjarmasin. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikan hasil uji regresi linear sederhana (f) = 0,000 atau (f) < 0,05. Efikasi diri memberikan sumbangan pengaruh terhadap hasil belajar  siswa SMA PGRI 1 Banjarmasin sebesar 76,10%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lainyang tidak diteliti.

 

Kata Kunci: Pengaruh Efikasi Diri, Hasil Belajar, Geografi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI