DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH JUMLAH TANGGUNGAN,PENDAPATAN,DAN PENDIDIKAN TERHADAP KONSUMSI RUMAH TANGGA MASYARAKAT KAMPUNG KB (STUDI KASUS: DESA BANUA BATUNG KECAMATAN PANDAWAN KABUPATEN HULU SUNGAI TENGAH)
PENGARANG:IDA AMINI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-10-05


ABSTRAKS

Ida Amini, (2020) Pengaruh Jumlah Tanggungan, Pendapatan, Dan Pendidikan Terhadap Konsumsi Rumah Tangga Masyarakat Kampung KB (Studi Kasus: Desa Banua Batung Kecamatan Pandawan Kabupaten Hulu Sungai Tengah). Pembimbing I : Drs. H. Rusdiansyah, MP.

 

 

Penelitian ini dilakukan untuk (1) menganalisis pengaruh jumlah tanggungan, pendapatan, dan pendidikan terhadap konsumsi rumah tangga masyarakat kampung KB (keluarga berencana); (2) untuk mengetahui faktor mana yang paling dominan mempengaruhi konsumsi rumah tangga masyarakat kampung kb(keluarga berencana).

 

Ruang lingkup penelitian ini mengambil wilayah studi kasus di desa Banua Batung Kecamatan Pandawan Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Sumber data berupa data primer yang diperoleh melalui wawancara dan kuesioner yang respondennya berjumlah 82 orang. data diolah dengan  menggunakan analisis regresi linier berganda yang akan diuji melalui uji f (secara simultan) dan uji t (secara parsial) dengan bantuan software eviws-9.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jumlah tanggungan, pendapatan, dan pendidikan secara individual (parsial)  maupun bersama-sama (simultan) berpengaruh signifikan dan positif terhadap konsumsi rumah tangga masyarakat kampung KB (studi kasus: Desa Banua Batung Kecamatan Pandawan Kabupaten Hulu Sungai Tengah). Sedangkan faktor yang paling dominan mempengaruhi konsumsi rumah tangga masyarakat kampung KB ini adalah pendapatan.

 

Berdasarkan hasil penelitian agar hal yang dapat dilakukana untuk meningkatkan pendapatan yaitu dengan mngembangkan perkebunan pada saat masa jeda pertanian padi sehingga lahan tetap digunakan, karena kebanyakan para petani di desa ini adalah yang memiliki lahan sendiri, Untuk penekanan jumlah tanggungan pemerintah harus tetap meggalakkan program KB, dan sedangkan untuk peningkatan pendidikan yaitu pemerintah diharapkan membuat berbagai program beasiswa agar anak-anak desa ini termotivasi untuk sekolah.

 

 Kata kunci : jumlah tanggungan, pendapatan, pendidikan kepala keluarga, konsumsi rumah tangga masyarakat kampung KB (keluarga berencana).

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI