DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ETOS MAHASISWA KULIAH SAMBIL BEKERJA (STUDI ATAS MAHASISWA FKIP ULM BANJARMASIN)
PENGARANG:NOR AMALIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-10-05


ABSTRAK

 

Nor Amaliah, 2020. Etos Mahasiswa Kuliah sambil Bekerja (Studi atas Mahasiswa FKIP ULM Banjarmasin). Skirpsi Program Studi Pendidikan Sosiologi Antropologi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Nasrullah,  (II) Laila Azkia.

 

Kata Kunci: Motivasi, Pengelolaan waktu, Kerja

           

            Beberapa mahasiswa FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin disamping menjalani kuliah juga bekerja. Terdapat berbagai jenis pekerjaan yang dapat dilakukan oleh mahasiswa, baik berwirausaha maupun bekerja dengan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Gambaran motivasi bekerja mahasiswa FKIP ULM Banjarmasin (2) Cara mahasiswa FKIP ULM Banjarmasin dalam mengelola waktu antara kuliah dan bekerja.

            Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sumber data dipilih secara purposive dansnowball dan informan dalam penelitian ini berjumlah 7 orang. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi yang  dilakukan pada September 2019 hingga Januari 2020. Teknik analisis data yang dipakai dalam penelitian ini reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.

            Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Alasan mahasiswa bekerja sambil kuliah ada dua faktor, yaitu:pertama alasan kebutuhan ekonomi yakni pangan dan sandang.Kedua alasan kebutuhan psikologis yakni aktualiasasi diri. Motivasi mahasiswa kuliah sambil bekerja terbagi menjadi dua, yaitu motivasi internal dan eksternal. Motivasi internal mahasiswa kuliah sambil bekerja yaitu menikmati pekerjaan, nilai terhadap pekerjaan, ada rasa kepuasan tersendiri dan rasa bangga terhadap dirinya. Motivasi eksternal mahasiswa kuliah sambil bekerja tidak jauh dari lingkup peran mahasiswa seperti: keluarga, rekan kerja, atasan, dan teman-teman kuliah. (2) cara mahasiswa mengelola waktu antara kuliah dan bekerja yang pertama:  Mengatur jadwal kuliah dan bekerja secara terstruktur, yang kedua: lebih memprioritaskan kuliah daripada bekerja,  yang ketiga: Berkomitmen dalam pengelolaan waktu yang telah direncanakan.

Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada (1) Mahasiswa agar dapat memprioritaskan kuliahnya, dengan cara mengelola waktu antara kuliah dan bekerja sebaik mungkin dan tetap bersemangat kuliah sambil bekerja. (2) Masyarakat agar dapat memahami posisi mahasiswa yang kuliah sambil bekerja, teruslah memberi kesempatan kepada mahasiswa yang membutuhkan pekerjaan. (3) Pihak kampus agar dapat memantau mahasiswa yang kuliah sambil bekerja, supaya mahasiswa tersebut tidak menghilang atau terlalu asik dengan dunia kerjanya

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI