DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X IPS MAN 2 MODEL BANJARMASIN
PENGARANG:SITI AISYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-10-06


     Penelitian dilakukan guna memahami apakah model pembelajaran kooperatif tipe make a match ada pengaruhnya terhadap hasil belajar geografi murid kelas X IPS MAN 2 Model Banjarmasin.  Penelitian ini dilakukan dengan eksperimen semu menggunakan pretest-posttest nonequivalent control group design. Sementara, populasi yang digunakan yaitu siswa kelas X IPS MAN 2 Model Banjarmasin. Sampel penelitian yakni kelas X IPS 1 yang merupakan kelas eksperimen serta kelas X IPS 3 yang merupakan kelas komtrol dengan purposive sampling. Pada penelitian ini instrumennya berupa soal pilihan ganda (pretest-posttest). Analisis data yang dipergunakan yaitu N-Gain Score dan uji hipotesis statistik Independent T-test. Hasil penelitian menyebutkan rerata peningkatan hasil belajar dalam kelas kontrol yakni 58,73 sedangkan kelas eksperimen yakni 75,84. Hasil pengujian hipotesis dengan Independet Sample T-test memperlihatkan nilai thitung>ttabel yaitu 3,830 > 1,9983 dengan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) yakni 0,000 artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga kesimpulan dari eksperimen ini ialah modeltpembelajaran kooperatif tipetmake a match memberikan pengaruh signifikan terhadapthasil belajar geografi siswa kelas X MAN 2 Model Banjarmasin.

 

Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Make a Match,dan Hasil Belajar  Geografi 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI