DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN IPA PADA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DIKOMBINASI DENGAN MIND MAPPING DAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DI KELAS V SDN TANJUNG PAGAR 1 BANJARMASIN
PENGARANG:JUNJUNG MALA SARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-10-06


                                     ABSTRAK

Sari, Junjung  Mala. 2020. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Muatan IPA Pada Tema Lingkungan Sahabat Kita Dengan Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing dikombinasi Dengan Mind Mapping dan Teams Games Tournament (TGT)  Di Kelas V SDN Tanjung Pagar 1 Banjarmasin”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Hj. Mahrita.

 

Kata kunci: Hasil Belajar, Inkuiri Terbimbing, Mind Mapping, Teams Games Tournament (TGT), Lingkungan Sahabat Kita.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA tema lingkungan sahabat kita dikelas V SDN Tanjung Pagar 1 Banjarmasin. Hal ini disebabkan karena siswa  masih belum aktif, kurangnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran, siswa bosan dan tidak tertarik dalam belajar.Salah satu upaya meningkatkan hasil belajar yaitu melalui model pembelajaran Inkuiri Terbimbing, dikombinasi dengan Mind Mapping, dan Teams Games Tournament. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Dengan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas dan menggunakan dua jenis data yaitu data kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan serta refleksi. Data dianalisis dari hasil observasi dan tes evaluasi  belajar. Setting penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Tanjung Pagar 1 Banjarmasin ajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa 19 orang terdiri dari 8 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan.

Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru pada pertemuan I mencapai kriteria Baik, pertemuan II mencapai kriteria Baik, pertemuan III dan terakhir IV mencapai kriteria Sangat Baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai kriteria Sebagian Kecil Aktif, pada pertemuan II mencapai kriteria Sebagian Besar Aktif, pada pertemuan III mencapai Hampir Seluruh Aktif, pada pertemuan terakhir IV mencapai kriteria Hampir Seluruh Aktif. Pada pertemuan I ketuntasan hasil belajar klasikal siswa 47%, pada pertemuan II ketuntasan hasil belajar klasikal siswa 74%, pada pertemuan III ketuntasan hasil belajar klasikal siswa 79%, pada pertemuan IV ketuntasan hasil belajar klasikal siswa 95%.

Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA lingkungan sahabat kita dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing, dikombinasi dengan Mind Mapping, dan Teams Games Tournament dari segi aktivitas guru sudah terlaksana dengan kategori sangat baik, aktivitas siswa secara klasikal meningkat dengan kategori sangat aktif, dan hasil belajar siswa mengalami ketuntasan pada kelas V SDN Tanjung Pagar 1 Banjarmasin. Disarankan kepada guru agar dijadikan alternatif dalam meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar. Khususnya tema lingkungan sahabat kita.            

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI