DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IKLIM KOMUNIKASI ORGANISASI ANTARA PIMPINAN DAN STAF PADA BIDANG KEBERSIHAN DAN PERSAMPAHAN DI DINAS LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN TABALONG
PENGARANG:Raihana Ananda
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-10-07


 

ABSTRAK

 

Raihana Ananda, D1C114051, 2020, Iklim Komunikasi Organisasi Antara Pimpinan dan Staff pada Bidang Kebersihan dan Persampahan di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tabalong. Dibimbing oleh Novaria Maulina dan Noviana Sari.

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tabalong dengan berbagai macam pegawai serta latar belakang pendidikan yang berbeda yang terdiri  dari pendidikan Sekolah Menengah Atas sampai berlatar pendidikan Sekolah Dasar. Kurangnya pengetahuan Staf di Dinas Lingkungan Hidup pada Bidang Kebersihan dan Persampahan dikarenakan berbagai faktor baik  dari  latar belakang pendidikan, kurangnya sosialisasi serta teguran langsung dari atasan mengenai tata cara komunikasi dan berkoordinasi dengan Pimpinan dengan baik dan benar di organisasi. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui bagaimana iklim komunikasi organisasi di dalam Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tabalong khususnya iklim komunikasi organisasi antara pimpian dengan staf  pada bidang kebersihan danpersampahan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi  dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatifMatthew B. Miles dan A. Michael Huberman. Informan kunci dari penelitian adalah Kepala Seksi Persampahan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tabalong dan Informan pendukung adalah staf kebersihan dan Kepala Bidang Kebersihan dan Persampahan.

Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  iklim  komunikasi  organisasi  pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tabalong bersifat terbuka. Iklim komunikasi organisasi pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tabalong  dilihat dengan enam dimensi yaitu Kepercayaan, Pembuatan keputusan Bersama, Kejujuran, Keterbukaan terhadap komunikasi kebawah, Mendengarkan dalam komunikasi ke atas, dan Perhatian pada tujuan-tujuan berkinerjatinggi.

 

 

 

Kata Kunci : Iklim Komunikasi, Organisasi, Iklim komunikasi organisasi

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI