DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pelaksanaan Pendidikan karakter Pada siswa dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Tapin Tengah
PENGARANG:Saipullah
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-10-08


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS yang meliputi, perencanaan, pelaksanaan, penilaian. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Tapin Tengah. Objek penelitian ini adalah Pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Tapin Tengah.

Data diperoleh melalui wawancara, observasi kelas, dan analisis dokumentasi. Uji kredibilitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah ketekunan pengamatan dan triangulasi metode. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan model analisis Miles dan Huberman untuk diperoleh kesimpulan.

Hasil penelitian yang diperoleh pada penelitian ini adalah pendidikan karakter sudah diintegrasikan dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Tapin Tengah, baik dalam perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Pada tahap perencanaan pembelajaran, guru IPS di SMP Negeri 1 Tapin Tengah sudah mengintegrasikan nilai-nilai karakter yang akan diimplementasikan dalam pembelajaran pada silabus dan RPP. Pelaksanaan pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Tapin Tengah secara keseluruhan sudah mengintegrasikan nilai-nilai karakter. Penilaian pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Tapin Tengah berdasarkan RPP yang dibuat guru IPS sudah meliputi penilaian afektif. Penilaian dilakukan melalui pengamatan, soal, dan diskusi kelas.

Kata Kunci: Pelaksanaan Pendidikan Karakter, Pembelajaran IPS

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI